Songsong Hari Yoga Internasional, UHN Sugriwa Kehadiran Instruktur Yoga India

Instruktur Yoga, selaku Director of SVCC Bali, Shri Naveen Meghwal sedang memeragakan gerakan Yoga

Bangli (Kemenag) --- Hari Yoga Internasional diperingati setiap 21 Juni. Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN-IGB) Sugriwa Denpasar melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Yoga menggelar Yoga bersama di lapangan Kampus Bangli.

Yoga bersama ini menghadirkan Instruktur Yoga, selaku Director of SVCC Bali, Shri Naveen Meghwal. Dan dihadiri 50 peserta, baik mahasiswa UHN IGB Sugriwa dan komunitas Yoga lokal.

Wakil Rektor I, I Nyoman Subagia menyampaikan apresiasi kepada UKM Yoga atas kreativitas dan keaktifan mahasiswa dalam mengenalkan Yoga kepada masyarakat. Ini merupakan bagian dari upaya menunjukkan eksistensi UHN IGB Sugriwa dalam menjaga destinasi budaya lokal, sekaligus mengenalkan Yoga di mata dunia internasional.

"Selain apresiasi kepada UKM Yoga. Hal ini tentu membawa nilai positif bagi proses pengembangan lembaga pendidikan Hindu di mata dunia," kata I Nyoman Subagia, di Bangli, Kamis (6/6/2024).

“Yoga bersama ini juga merupakan tindak lanjut Memorandum of Understanding (MoU) UHN IGB Sugiriwa dengan Konsulat Jenderal India di Bali beberapa waktu lalu,” sambung I Nyoman Subagia.

I Nyoman Subagia mengharapkan kerjasama UHN IGB Sugriwa dengan Konsulat Jenderal India dapat berjalan baik dan bisa merambah kerjasama yang lebih banyak lagi dalam pengembangan kampus UHN menuju World Class University.

Shri Naveen Meghwal menjelaskan bahwa Yoga merupakan gerakan dalam penyatuan tubuh, jiwa, dan pikiran. Bisa juga dimaknai sebagai kesatuan manusia dan masyarakat. “Dengan mengikutsertakan lebih banyak orang untuk ber-Yoga dapat menyatukan jiwa dan pikiran di dalam tubuh manusia secara lebih luas,” kata Shri Naveen Meghwal.

Terpisah, Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan terima kasih atas kehadiran Shri Naveen Meghwal selaku instruktur Yoga dari India yang memeragakan Gerakan Yoga bersama mahasiswa UHN IGB Sugriwa.

“Ini merupakan tindak lanjut kerja sama Yoga, UHN IGB Sugriwa dan Konsulat Jenderal India. Ke depannya ini bisa mendukung program class internasional yang sedang diprogramkan,” kata I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana menjelaskan bahwa gerakan Yoga yang ditampilkan Shri Naveen Meghwal di depan mahasiswa UHN itu disebut Yoga Asana. Yoga Asana ini sifatnya umum, dan masih ada banyak gerakan Yoga, baik gerakan perongan atau kelompok.

“Ada Yoga Semadhi, gerakannya khusus, disertai dengan pengucapan Mantram serta pemusatan pikiran. Dan masih banyak Gerakan Yoga lainnya, dan itu diajarkan di kampus UHN IGB Sugriwa,” kata I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana berharap, kerja sama UHN dengan Konsulat Jenderal India harus diperluas seperti pengiriman atau pertukaran Mahasiswa dan Dosen. Dan tentunya merambah pada kerja sama peluang beasiswa mahasisa luar negeri yang akan mempelajari Yoga di UHN IGB Sigriwa.

“UHN IGB terus membuka peluang kerjasama kepada semua pihak dalam rangka progres menuju World Class University,” tegas I Gusti Ngurah Sudiana.

Kegiatan Yoga bersama ini dihadiri Wakil Rektor III, Dewa Ketut Wisnawa, Koordinator Pusat Destinasi Pariwisata Yoga dan Kesehatan Bali Kuno, I Made Adi Brahman, Sekretaris Prodi Yoga Kesehatan, I Made Wika, Pelatih UKM Yoga, Made G. Juniartha, dan Perwakilan ICC Bali. (Humas UHN-IGB Sugriwa).

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria