Panduan Simkah Online : Pendaftaran Nikah

Untuk Pendaftaran nikah bisa dilakukan oleh catin sendiri, artinya calon pengantin daftar secara online dan kali ini pendaftaran yang dimaksud adalah pendaftaran nikah yang dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) dimana catin daftar nikah langsung ke KUA dan petugas KUA mencatat pendaftarannya melalui Simkah Online.

Sebelum melakukan pendaftaran terlebih dahulu cek ketersediaan stok buku nikah (baca artikel sebelumnya yang berkaitan dengan persiapan pencatatan nikah dengan Simkah Online, Pengaturan/Seting Awal Simkah Online). Kemudian siapkan file foto calon pengantin, usahakan file foto catin tidak terlalu besar sekitar 180 x 200 pixel, dan NIK calon pengantin serta NIK kedua orangtua masing-masing catin.

Untuk melakukan pendaftaran nikah, langkah-langkahnya adalah: Menentukan Jadwal Akad kemudian Isi Form Pendaftaran dan Bukti Pendaftaran.

Menentukan Jadwal Akad
Login ke Simkah Online kemudian pilih menu Input Data Nikah > Daftar Nikah > Tambah Daftar Nikah > Isi Form Jadwal Nikah > Jika jadwal tersedia Klik OK > Akhiri dengan klik lanjut.








Isi Form Pendaftaran 
Setelah mengakhiri langkah membuat jadwal akad dengan mengklik Lanjut, Maka kemudian akan muncul form isian Pendaftaran. Yang perlu diperhatikan adalah, pertama NIK wajib ada dan tervalidasi dengan mengklik tombol validasi, dan hasilnya sesuai dengan data catin. Kedua, siapkan foto catin yang sudah dalam bentuk file (format .JPG atau .PNG). Ketiga, no HP salah satu catin atau wali atau keluarga catin.

Pengisian data catin, wali/orangtua cukup dengan memasukkan NIK kemudian klik validasi, maka isian akan terisi.





Bila data terisi dengan benar sesaat setelah klik Lanjut, akan terbuka halaman Bukti Pendaftaran.


Jika ingin mencetak Bukti Pendaftaran Klik Cetak > Print. Sampai disini langkah-langkah pendaftaran sudah selesai. Dan di dalam list daftar nikah akan bertambah jumlah list pendaftaran nikahnya.


Panduan Simkah Online ini juga tersedia dalam format PDF dan dapat didownload di Download Tutorial Simkah Online.

0 comments