Web Simkah Error, Operator Simkah Harus Bagaimana?

Pagi-pagi jam lima-an ba’da shubuh, notifikasi group wa operator simkah berbunyi. Salah satu operator simkah di daerah mengeluh tidak bisa mengakses Simkah. Kebetulan saya di depan komputer dan terhubung ke jaringan internet, maka saya mencoba mengakses simkah.kemenag.go.id. 

Karena masih pagi belum jam kerja kok sudah eror? Semula saya fikir error saat dalam salah satu proses input data di aplikasi simkahnya, ternyata link simkahnya yang ga bisa diakses, jadi dari awal sudah tidak bisa diakses. 

Emmmm…..

Web Simkah Error Operator Simkah Harus Bagaimana


Yang dapat saya pahami bila simkah error atau tidak dapat diakses adalah :
Pertama dan yang saya yakini adalah adanya perbaikan oleh tim TI Simkah sehingga perlu di non aktifkan sementara layanan simkah. Sebab bila dilakukan maintenance aplikasi namun user Simkah masih bisa mengaksesnya, kemungkinan akan terjadi eror di tengah jalan atau bahkan data tidak bisa tersimpan. Bisa juga justru akan menghambat proses maintenance itu sendiri.

Seandainya ini yang terjadinya, seharusnya link utama dialihkan ke halaman lain dan atau diberi notifikasi bahwa Web Simkah dalam perbaikan. Setidaknya Operator Simkah sedikit tenang, artinya keadaan tidak bisa mengakses tersebut dalam kendali Tim IT. 

Syukur bila Notifikasi maintenance ini bersifat publik, dapat dibaca, dilihat oleh masyarakat umum, Sehingga Operator Simkah tidak terbebani untuk menjelaskan kenapa pencatatan di Aplikasi Simkah terhambat . 

Kedua, kemungkinan karena faktor force mayor. Tidak dapat diaksesnya web simkah karena faktor alam atau kejadian “diluar kendali” manusia, Seperti kejadian kebakaran di salah satu Gedung (Gedung Cyber) di Jakarta yang menjadi tempat dari beberapa penyedia layanan provider internet, hosting/server.

Ketiga adalah kemungkinan yang tidak diinginkan, adanya usaha untuk “merusak”, mengambil alih/data web Simkah seperti Deface, Brute Force, Phising, DoS/DDoS dll terhadap web Simkah.
Kemudian Apa yang harus kita lakukan sebagai salah satu Operator Web Simkah?

Setidaknya ada 3 usaha yang perlu kita lakukan terkait kondisi Simkah yang tidak dapat diakses, baik karena maentenance atau faktor lainnya.

Pertama, laporkan segera kondisi yang terjadi kepada atasan/Kepala KUA dan laksanakan kebijakan, instruksi yang diberikan oleh atasan kita terhadap layanan-layanan yang terkait dengan Aplikasi Simkah. 

Kedua, langkah pengaman data
Langkah ini dilakukan ketika aplikasi Simkah berjalan dengan normal. Dari sisi pengguna/Operator Simkah Web, kita berusaha mengamankan data yang ada yang sudah terinput. Menu untuk download data sudah tersedia. Usahakan backup data dilakukan secara rutin. Untuk KUA yang bertipe A tentu sangat disarankan untuk backup data setiap hari, dan untuk KUA tipe lainnya tidak ada salahnya untuk melakukan hal yang sama.

Saya yakin sebenarnya di server Simkah sendiri sudah ada upaya untuk backup data. Tetapi backup data tersebut kan tidak sewaktu waktu dapat kita ambil/minta untuk keperluan laporan atau keperluan lainnya.

Ketiga, Sebagai Operator Simkah yang memiliki otoritas legal untuk mengakses Simkah web maka seyogyanya kita mensterilkan device yang kita gunakan baik komputer/laptop/dll yang digunakan untuk mengakses aplikasi Simkah Web dari virus atau semacamnya. 

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam simkah web ada proses input data dan ada juga proses mengirimkan file, meskipun sudah dilakukan pembatasan terhadap file tertentu saja yang dapat diupload, namun dikhawatirkan file yang kita upload telah terkontaminasi oleh scripts/kode kode yang ga jelas yang memiliki sifat merusak. 

Kejadian tidak dapat diaksesnya Simkah Web ini sesuatu yang wajar bila dikaitkan dengan usaha maintenance dari Tim IT Aplikasi simkah Web itu sendiri. Sedikit membuat panik, galau para Operator Simkah karena terjadi di hari kerja yang kemungkinan telah terjadi antrian panjang berkas untuk dilakukan pencatatannya.

Tetap Semangat Operator Simkah….




Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria