Tips Merekam Video Profesional Dengan Smartphone Android


Memiliki keinginan untuk nge-vlog akan tetapi masih sangsi karena tidak memiliki kamera yang mumpuni dan takut kalau menggunakan kamera HP hasilnya tidak bagus? Eits, jangan lagi memiliki keraguan semacam itu sekarang. Anda harus tahu bahwa tak semua kamera HP memiliki hasil yang tidak bagus kok. Jika Anda tahu tips dan triknya bagaimana merekam video yang keren bahkan kamera HP bisa banget Anda manfaatkan.

Hasilnya rekaman Anda seperti rekaman video profesional pastinya jika Anda tahu bagaimana trik dan tips merekam video profesional dengan smartphone android. Buat Anda yang penasaran banget dan lagi kepo bisa langsung simak informasi yang kami bagikan berikut ini! Disini kita akan kupas semua informasi tentang tips dalam merekam video profesional dengan hanya bantuan smartphone android saja. So, nggak ada alasan untuk tidak belajar ya sob!

Tips Merekam Video Profesional Dengan Smartphone Android 

Sediakan semua peralatan yang dibutuhkan 

Anda harus tenang karena daftar peralatan berikut ini bersifat opsional dan harganya tidak harus mahal. Anda tak harus memiliki semuanya akan tetapi jika Anda ingin menghasilkan video yang memang berkualitas, profesional dan memiliki nilai keunikan maka beberapa alat tempur penyempurna wajib Anda punya. Sediakan tripod, lensa tambahan, lightening eksternal, mikrofon dan juga jangan lupakan tas perlengkapan. Pastikan juga semua itu benar – benar kompatibel dengan smartphone milik Anda.

Hindari merekam video dengan cara portrait 

Tips merekam video profesional dengan smartphone android yang selanjutnya dapat menjadi pilihan Anda yaitu jangan pernah Anda merekam video secara portrait melainkan lakukan perekaman video dengan cara landscape. Hal ini karena video dengan konsep landscape dapat memberikan hasil yang maksimal. Jadi upayakan Anda memberikan konten video yang menarik, dan enak untuk para penonton sehingga mereka yang menonton konten video yang Anda buat benar – benar menikmati apa yang Anda sajikan.

Video 4K itu apa harus? 

Sebelum kita menjawab apakah video harus 4K, Anda harus tahu bahwa kelebihan merekam video 4K adalah bahwa video 4K ini mampu merekam video dengan tingkat resolusi yang tinggi yaitu mencapai 4x lebih detail daripada video HD biasa. Jadi dengan menggunakan video 4K tentunya hasil video tak akan lekang oleh waktu. Hanya saja pada beberapa smartphone yang sangat disayangkan bahwa untuk merekam video 4K smartphone masih mengorbankan stabilitas dan juga kemulusan video. Hasilnya jika Anda paksakan hasilnya malah kurang bagus terlebih jika pengambilan videonya tidak lagi stabil. Selain itu kelemahan video 4K pada ponsel adalah bahwa video yang dihasilkan terlalu berat sehingga dapat menambah kinerja ponsel Anda. Jadi yang paling penting adalah sesuaikan dengan ponsel Anda dan upayakan Anda perhatikan kestabilan dalam perekaman video entah itu merekam video 4K atau tidak.

Pengambilan video harus stabil 

Jika memang Anda tidak punya tripod atau tidak memungkinkan mengambil video dengan tripod baiknya Anda harus upayakan agar pengambilan video dilakukan secara stabil. Perhatikan juga penempatan tangan Anda jangan sampai menutupi mikrofon. Anda dapat menggunakan tali gantungan smartphone yang panjang dan kemudian Anda lingkarkan ke leher kemudian tarik penuh. Jangan lupa usahakan seminimal mungkin melakukan gerakan yang sebenarnya tidak perlu agar hasil video Anda tidak goyang.

Maksimalkan tata pengaturan smartphone 

Baiknya Anda harus senantiasa mengenali smartphone Anda dan kemudian lakukan pengaturan kamera smartphone dengan seksama. Pastikan bahwa Anda sudah menyetelnya ke pengaturan yang terbaik. Anda juga bisa menggunakan berbagai macam modus perekaman video seperti halnya video slow motion, video 4K, time lapse dan kemudian kombinasikan karena video Anda akan terkesan sangat keren dengan cara ini.

Lakukan editing pada video 

Setelah proses pengambilan video yang sangat melelahkan kemudian yang terakhir sebelum Anda upload video dan membagikannya ada baiknya Anda lakukan editing video lebih dulu. Anda bisa manfaatkan software editing untuk mengedit video agar hasilnya bagus. Itulah beberapa tips merekam video profesional dengan smartphone android yang dapat Anda terapkan. Dapatkan video berkualitas dan layak dinikmati dengan tata cara diatas.
Selamat mencoba!

0 comments