Siswa MAN 2 Bantul Raih Medali Emas Indonesia International Invention Expo 2024

Bantul (Kemenag) --- Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bantul kembali mengukir prestasi. Tim riset madrasah ini mempersembahkan dua medali emas Indonesia International Invention Expo 2024 (IIIEX 2024).

IIIEX 2024 berlangsung pada 29 April 2024. Ajang ini diselenggarakan Politeknik Negeri Semarang sebagai wadah para siswa untuk menunjukkan inovasi dalam bidan riset dan teknologi.

MAN 2 Bantul mengirim 2 tim terbaik dalam IIIEX 2024. Masing-masing tim terdiri atas 5 orang. Tim pertama terdiri atas: Nadia Sifha Rismadhani, Tri Marlia, Putri Sofiatul Mustafa, Salma Mu’aadzah ‘Ulyaa, dan Asiyah. Tim kedua terdiri atas: Fairus Zahroni, Raisa Nur Sakina, Muhammad Rizki Pratama, Arina Manasikana, dan Asfriyan Iqbal Al Farizy. Kedua tim ini melakukan penelitian dalam bidang kelestarian lingkungan dengan melakukan eksplorasi hutan di daerah Magelang.

Ada dua bidang yang dilombakan dalam IIIEX 2024, Flora dan Fauna. Tim MAN 2 Bantul menjadi salah satu dari empat tim peraih medali emas di setiap bidang. Untuk bidang Flora, medali emas diraih MAN 2 Bantul, SMPN 4 Waru, SMAN 5 Semarang, dan MAS Al-Manar Muhammadiyah Boarding School. Di bidang Fauna, medali emas diraih MAN 2 Bantul, SMA Semesta Semarang, SMA Negeri 4 Denpasar, serta SMA Kolese Kanisius.

Tim Pertama MAN 2 Bantul memilih eksplorasi flora. Tim ini diketua Nadia Sifha. Penelitian mereka tentang “Identification and Exploration of Flora Protected by the State on the Slope Mount Sindoro Magelang Regency“.

“Kami bersyukur temen-teman dalam satu tim tidak mengeluh dan tetap fokus pada tujuan utama untuk menyelesaikan penelitian. Kami berharap penelitian bersama ini dapat memberikan sumbangsih untuk ilmu penegetahuan dan kelestarian lingkungan,” ujar Nadia di Bantul, Sabtu (11/5/2024).

Tim Kedua MAN 2 Bantul fokus pada riset Fauna. Sebagai ketua tim, Raisa Sakina. Tim ini mengambil judul “Identification and Exploration of Animal Protected by the State on the Salaman Sub District Magelang Regency”. Riset mereka dilakukan dengan menjelajah hutan di daerah Salaman Magelang. Obyek penelitian mereka merupakan makhluk bergerak yaitu satwa yang dilindungi.

“Kami sangat bersyukur karena cuaca cerah tidak hujan, seakan-akan alam bersahabat. Kedatangan kami disambut tiga ekor Elang Jawa yang terbang seperti mengucapkan selamat datang bagi para peneliti muda,” ujar Raisa Sakina.

“Hal ini menambah semangat tim untuk melanjutkan dan menyelesaikan eksplorasi hewan yang dilindungi di hutan daerah Salaman Magelang,” lanjutnya.

Kepala MAN 2 Bantul Nur Hasanah Rahmawati bersyukur atas prestasi siswanya di ajang Internasional. Nur Hasanah mengaku bangga terhadap prestasi gemilang para peserta didiknya.

“Kegigihan, dedikasi dan semangat juang para peneliti muda dari MAN 2 Bantul dalam melakukan eksplorasi hutan di daerah Magelang telah sukses meraih hasil terbaik. Mereka tidak hanya menjadi pemenang dalam ajang IIIEX 2024, tetapi juga pelopor dalam upaya pelestarian lingkungan,” ujarnya dengan penuh kebanggaan.

Prestasi siswa-siswa MAN 2 Bantul ini menegaskan komitmen madrasah dalam mendukung pengembangan potensi dan bakat siswa di bidang ilmu pengetahuan. Nur Hasanah berharap, pencapaian ini menjadi inspirasi bagi seluruh siswa MAN 2 Bantul khususnya dan generasi muda untuk terus berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam dan membantu mensejahterakan masyarakat Indonesia.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria