Sering Torehkan Prestasi, Rektor: Prodi dan UKM Yoga UHN Dirancang Jadi Destinasi Wisata

Bangli (Kemenag) ----- Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa Denpasar sebagai kampus hindu negeri pertama di Indonesia terus menorehkan prestasi, baik di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Kali ini, prestasi nasional diraih diraih mahasiswa UHN IGB Sugriwa pada bidang Yoga.

Mahasiswa UHN IGB menjadi juara Yoga Asana Nasional (YAN) 2024. Kompetisi ini mengusung tema ‘Melalui Kriya Yoga kearifan Lokal, Kita Bangun Karakter Manusia Berbudaya Demi Kejayaan Bangsa’.

Ajang ini digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UHN IGB Sugriwa Denpasar di Yayasan Pasraman Guru Kula, Bangli pada Mei 2024. Kegiatan ini dibuka Dirjen Bimas Hindu yang diwakili Direktur Pendidikan Hindu, Trimo. Tampak hadir mendampingi Wakil Rektor III UHN IGB Sugriwa, Dewa Ketut Wisnawa, Pembina UKM Yoga, I Made Sugata.

“Sebagai Rektor, Saya sangat bangga dan Bahagia. UHN IGB Sugriwa mempunyai mahasiswa yang banyak prestasi di tengah-tengah perjalanan kampus berpacu mencapai kemajuan,” kata Rektor UHN, I Gusti Ngurah Sudiana, di Bangli, Rabu (22/5/2024).

“Yoga merupakan salah satu program unggulan di UHN. Prodi ini banyak meraih prestasi, dan menjadi jalan untuk mengagalang hubungan lembaga pada tingkat nasional dan internasional,” sambung I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana menjelaskan bahwa Yoga di kampus UHN IGB Sugriwa menjadi salah satu Program Studi (Prodi) sekaligus menjadi mata kuliah dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Bahkan pada tahun ini sedang dirancang menjadi destinasi wisata Yoga Balikuno yang pangsa pasarnya dari China, Jepang, India dan Eropa.

“Kita juga sudah banyak memiliki alumnus Prodi Yoga yang bekerja menjadi struktur Yoga baik di Bali, Jakarta, Dubai, Amerika, Bulgaria dan sebagainya. Maka kalau UHN mendapatkan juara umun dalam lomba Yoga ditingkat Nasional dan Internasional sudah tidak diragukan lagi,” kata I Gusti Ngurah Sudiana.

Terpisah, Wakil Rektor III UHN IGB Sugriwa, Dewa Ketut Wisnawa menyampaikan terima kasih atas kehadiran Direktur Pendidikan Hindu, Trimo pada kegiatan YAN. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan pemahaman tentang Yoga kepada kalangan generasi muda, mahasiswa, dan seluruh masyarakat dalam membentuk kemampuan yang terintegrasi sehingga terbentuk Hard Skill dan Soft Skill yang berkualitas di bidang Yoga.

Selain itu, lanjut Dewa Ketut Wisnawa, Yoga juga dapat membangun budaya organisasi baru dan menghilangkan sekat-sekat antar generasi di Sekolah-sekolah, Perguruan Tinggi, dan masyarakat umum.

“Semoga kegiatan ini dapat membangun sportivitas dan mempererat rasa kebersamaan antar Sekolah-sekolah, Perguruan Tinggi, dan masyarakat umum, mengembangkan kreatifitas dan kecintaan generasi muda terhadap Yoga,” kata Dewa Ketut Wisnawa.

Berikut ini nama-nama tim UHN IGB Sugriwa Denpasar yang memperoleh juara :

Juara 1 diraih oleh Tim 1 (Pembina: Putri Ramuja Dewi Sugata) yaitu:

1. Ni Luh Santhi Icaka Putri (Yoga dan Kesehatan)

2. ⁠I Gusti Ayu Sri Astuti (Yoga dan Kesehatan)

3. ⁠Pande Komang Purnama Cahyani Putri (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

4. ⁠I Komang Ari Kencana (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

Juara 2 diraih oleh Tim 2 (Pembina : Made G. Juniartha) yaitu:

1. Ni Putu Riski Resita Dewi (Yoga dan Kesehatan)

2. ⁠Ida Ayu Putu Yadnya (Pendidikan Agama Hindu)

3. ⁠I Komang Dedi Rupawan (Yoga dan Kesehatan)

4. ⁠Juliant Krisnaningtyas Divandhka Savita Lucky (Yoga dan Kesehatan)

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria