Sehari, Petugas Bantu Seratusan Jemaah Antar Pulang ke Hotel dari Nabawi

Madinah (Kemenag) --- Mengantar jemaah yang lupa arah pulang dari Masjid Nabawi menuju hotel mereka menjadi keseharian petugas selama di Madinah. Mereka siaga, memberi kenyamanan hingga jemaah tidak perlu khawatir saat di Nabawi, meski lupa arah menuju hotelnya.

Fenoman ini sudah berlangsung sejak awal kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang I di Madinah. Jumlahnya terus bertambah, namun rata-rata bisa sampai seratus jemaah dalam setiap hari yang harus diantar petugas haji.

“Setiap hari, petugas rutin mengantar jemaah yang kebingungan saat hendak kembali ke penginapannya masih banyak. Per hari, lebih dari 100 jemaah. Penyebabnya beragam, mulai dari tertinggal rombongan, lupa rute balik hotel, kebingungan gara-gara keluar masjid lewat pintu yang berbeda, atau faktor lain,” demikian dikatakan Kepala Sektor Khusus Masjid Nabawi PPIH Arab Saudi Surnadi, Rabu (22/5/2024)

Surnadi, menjelaskan, meski banyak jemaah bingung saat mau pulang ke hotel, petugas haji tetap siaga. "Alhamdulillah, semua hal itu bisa diatasi. Semua jemaah bisa kembali ke hotelnya," ujarnya.

Khusus hari ini, kata Surnadi, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di sektor khusus Masjid Nabawi mencatat ada 70 jemaah yang diantarkan petugas ke hotelnya. Selain tu, ada 39 jemaah yang dijemput oleh rombongan atau pimpinan kelompok terbang (kloter) nya di pos seksus Masjid Nabawi.

“Sejak awal, PPIH memang sudah mengantisipasi potensi ini. Karena itu, di area Masjid Nabawi ditempatkan petugas khusus di seluruh sektor," katanya.

Ia menambahkan, jemaah yang merasa kebingungan saat di Area Masjid Nabawi, tidak perlu khawatir. Mereka bisa langsung menuju posko penjagaan Seksus Nabawi. “Atau tetap di area pelataran Nabawi sampai ada petugas yang menemukannya saat melakukan penyisiran,” tegasnya.

“Nantinya, petugas ini lah yang akan membantu pemulangan jemaah, bisa diantar ke hotel oleh petugas, atau menghubungi ketua kloternya," katanya.

Sejumlah jemaah yang berada di kawasan Nabawi memang mengaku sedikit bingung. "Alhamdulillah akhirnya dibantu petugas," kata salah satu jemaah asal embarkasi Lampung.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria