Kemenag Minta Penerima Beasiswa Kemenag Bangun Jejaring Internasional

Plt Dirjen Pendidikan Islam Abu Rokhmad bersama mahasiswa program MOSMA di Malaysia

Selangor (Kemenag) --- Kementerian Agama dalam beberapa tahun terakhir memberi beasiswa bagi mahasiswa untuk kuliah di luar negeri. Salah satunya melalui program Mora Overseas Student Mobility Award (MOSMA).

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof. Dr. Abu Rokhmad berharap kesempatan itu dapat dimanfaatkan para mahasiswa untuk membangun jejaring internasional.

Pesan ini disampaikan Abu Rokhmad saat berdiskusi dengan mahasiswa peserta MOSMA di Kampus Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, Selasa (7/5/2024). Ikut mendampingi, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi dan Kasubdit Kerjasama dan Kelembagaan Abdul Rouf.

"Peserta MOSMA ini tidak hanya memperoleh pengalaman akademik di level internasional, tapi juga mampu bergaul dan berjejaring dengan para mahasiswa UiTM yang berasal dari berbagai negara, karenanya ini akan menjadi bekal mahaswiswa kedepannya," tutur Prof Abu Rokhmad.

Selama belajar di luar negeri, para mahasiwa juga diminta menampilkan sikap terbaiknya. Sebab, mereka tak hanya menjadi duta Kementerian Agama, tapi juga menjadi duta Indonesia.

"Bahwa tujuan program ini adalah mengenalkan sejak dini kepada mahasiswa dengan ekosistem Pendidikan level Internasional. Untuk itu mahasiswa yang terpilih harus mampu menjawab tujuan program ini dengan menghasilkan proyek-proyek akademik yang berkolaborasi dengan sesama peserta program, atau bahkan dengan mahasiswa asing di UiTM," tandasnya.

Delegasi Kementerian Agama diterima Pimpinan UiTM. Selema pertemuan, dua pihak saling bertukar informasi. Tim Kemenag menerima pemaparan proyeksi jangka panjang dengan keunggulan distingtif yang dimiliki UiTM.

Saat ini tercatat ada 15 mahasiswa yang tengah menjalani pendidikan selama 6 bulan di UiTM. Proses ini akan berlangsung hingga Agustus 2024. Mereka adalah Fachri Adriyansah dan Fauzul Indra Abrar (UIN Sultan Kasim Riau), Nadirotul Aini (STKQ Al Hikam Depok), Muhammad Zarnubi (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang), Ade Hafis (UIN Ar-Raniry Banda Aceh), Ahmad Dika Purnama dan Hafidz Shiddiq Hamonangan Lubis (Universitas Darussalam Gonyot), Taufiqul Rahman Syarif (UIN Gusdur), Nur Illiyyin Setya Mufti (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Muhammad Dzulfikri Al Imanyuin (UIN Sulthan Thaha Jambi), Aulia Yusriah Anwar (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Ghina Ramdhianty dan Arini Fitrota Millati (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten), Hafizah Munjata Salma (IAIN Kediri), dan Ummu Khalifa (Universitas Kiai Abdullah Faqih Gersik).

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria