1.364  Jemaah  Asal  Temanggung dan Magelang Rasakan Layanan Perdana Fast Track di Embarkasi Solo

Wakil Menteri Agama RI Saiful Rahmat Dasuki (ketiga dari kiri) saat meninjau layanan Makkah Road di Bandara Adi Soemarno Solo di Boyolali, Minggu (12/5).

Solo (Kemenag) - Sebanyak 1.364 calon Jemaah Haji Kloter pertama dari empat Kloter Embarkasi Solo asal Kabupaten Temanggung dan Magelang yang diterbangkan pada 12 Mei 2024 ke Tanah Suci mendapatkan layanan Fast Track Makkah Roate di Bandara Adi Soemarno Solo.

Layanan Fast Track Mekkah Roate di Embarkasi Solo serupa selanjutnya akan dirasakan seluruh jemaah Embarkasi Solo baik di gelombang pertama dan gelombang kedua.

"Ini menandakan langkah positif pemerintah dalam memfasilitasi perjalanan para calon Jemaah Haji Indonesia," kata Wakil Menteri Agama RI Saiful Rahmat Dasuki saat meninjau layanan Makkah Road di Bandara Adi Soemarno Solo di Boyolali, Minggu (12/5).

Atas nama pemerintah, Wamenag mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan perhatian khusus kepada Indonesia dengan menambah layanan Fast Track di Embarkasi SOC (Solo) dan SUB (Surabaya).

Melalui layanan Fast Track Mekkah Roate di Bandara Adi Soemarno Solo, jemaah hanya membutuhkan waktu sampai ke dalam pesawat kurang lebih 6 menit.

“Waktu yang dibutuhkan per Jemaah dalam pemeriksaan dokumen paspor hanya 1 menit, lalu masuk ke dalam ruangan steril berbentuk tenda 1 menit, dan terakhir di pesawat kurang lebih 4 menit,” ungkap Wamenag.

Saiful juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak Angkasa Pura Bandara Adi Soemarno yang telah menyiapkan ruangan Fast Track yang lokasinya berdekatan dengan parkir pesawat pengangkut calon Jemaah Haji, sehingga diperkirakan waktu yang dibutuhkan per calon Jemaah Haji insya allah kurang lebih 6 menit.

“Kondisi ini diharapkan dapat menguntungkan para calon Jemaah Haji Embarkasi Solo, Surabaya dan Jakarta. Jemaah tidak perlu antri panjang saat di imigrasi kedatangan Bandara Madinah dan Jeddah serta dapat mengurai kepadatan disana, terutama bagi calon Jemaah Haji lansia dan berkebutuhan khusus yang memerlukan perhatian khusus dari segi Kesehatan,” ujar dia.

Layanan Fast Track ini, lanjut Saiful, memungkinkan para jemaah haji melewati seluruh proses dan prosedur keberangkatan lebih cepat dan lancar, sehingga dapat meminimalisir waktu tunggu dan sangat efisien.

"Dengan adanya layanan ini, diharapkan para jemaah haji dapat memulai ibadah haji mereka dengan lebih tenang dan fokus" katanya.

Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid mengatakan, pihak imigrasi Arab Saudi bahkan telah menyiapkan 8 konter layanan proses dokumen (paspor) di Bandara Adi Soemarno yang masing-masing konter disimulasikan siap melayani calon Jemaah Haji 30 menit per konter.

"Alhamdulillah para petugas Fast Track imigrasi Arab Saudi siap memberi layanan terbaik kepada seluruh calon Jemaah Haji Indonesia" terang Subhan.

Ia menyampaikan, penambahan layanan fast track ini berkat hubungan baik Presiden RI Joko Widodo dengan Kerajaan Arab Saudi, dan Kerjasama antara Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dan Kementerian Agama RI," kata Subhan

"Harapannya, dengan layanan tersebut, proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi berjalan lancar sesuai dengan prosedur yang berlaku, sehingga jemaah haji sebelum menuju Tanah Suci tidak lama mengantri di imigrasi," sambungnya.

Turut mendampingi Wamenag, Pj. Gubernur Jateng Nana Sudjana, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Chalid, KaKanwil Kemenag Jateng Musta’in Ahmad, serta Ka.Kanwil DIY Masmin Afif.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria