Mengenal Beberapa Aplikasi yang Diterbitkan Oleh Kemenag

Salah satu Kementerian yang giat memanfaatkan kemajaun teknologi adalah Kementerian Agama RI, salah satu indikatornya adalah untuk melayani keperluan publik maupun intern instansi beberapa layananannya dibuatkan Aplikasi sebagai sarana memproses layanan tersebut.

Sebelum dibahas apa saja Aplkasi yang dibuat oleh Kemenag RI, Coba dilihat di Smartphone masing-masing ada berapa Aplikasi yang dibuat Oleh Kemenag RI terinstal di smartphone kamu? Satu… Dua? Atau belum ada sama sekali? Jika anda salah satu ASN di Kementerian Agama rasanya wajib memiliki salah satu aplikasi Kemenag di samartphone kamu. Jika Kamu masyarakat umum bukan ASN di lingkungan kemenag, juga bisa lho memanfaatkan Aplikasi yang dikeluarkan oleh Kemenag, karena ada beberapa layanan Kemenag yang sifatnya publik untuk masyarakat luas, jadi baca samapai akhir ya….



Nama Developer/Pembuat aplikasi Kemenag

Agar dapat membedakan mana aplikasi yang dibuat oleh Kemenag mana yang bukan, atau mana yang resmi dirilis oleh Kemenag mana yang bukan, bisa dilihat dari nama developer/nama pembuat aplikasinya.

Di Market Aplikasi, Aplikas-aplikasi yang dikeluarkan oleh Kemenag masih menggunakan beberapa nama developer, barangkali karena belum ada penyatuan lembaga/bagian yang berwenang merilis aplikasi. Atau mungkin sudah ada bagian khusus yang berwenang merilis aplikasi namun untuk aplikasi yang sudah lama dirilis tetap menggunakan nama developer lama.

Setidaknya ada 5 developer/nama pembuat aplikasi yang digunakan, yaitu Biro HDI Kementerian Agama, Ditjen PHU – Kementerian Agama Republik Indonesia, Kementerian Agama Indonesia, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, dan Ditjen Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Kemenag.

Aplikasi Resmi Kemenag

Berikut aplikasi-aplikasi dari 5 developer tersebut :

Biro HDI Kementerian Agama mengeluarkan 2 aplikasi, yaitu Pusaka dan TTD Kemenag.

Aplikasi Pusaka dalam deskripsinya disebutkan bahwa ”Pusaka Kemenag Supper Apps Mempermudah anda mengakses informasi keagamaan & pendidikan, Fitur pendidikan untuk siswa & siapa saja yang ingin belajar, Internal : Fitur login untuk pegawai KEMENAG. Laporkan presensi anda dari mana saja!, Kitab suci, doa-doa, materi keagamaan, tokoh dan berita Enam Agama di Indonesia”

Sedangkan Aplikasi TTD Kemenag adalah aplikasi intern yang berupa aplikai untuk membuat tanda tangan elektronik di lingkungan Kemenag.

Kementerian Agama Indonesia mengeluarkan 4 Aplikasi, yaitu Pusaka, Kemenag Internal App, Papan Nayaka dan Perkemahan Wirakarya Nasional.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an mengeluarkan 2 aplikasi, yaitu Qur’an Kemenag dan Jendela Al-Quran Indonesia.

Dalam deskripsi aplikasinya, Aplikasi Jendela Al-Quran Indonesia adalah ”Jendela Al-Quran Indonesia adalah aplikasi perpustakaan digital persembahan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran. Jendela Al-Quran Indonesia merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan e-Reader untuk membaca ebook. Dengan fitur-fitur media sosial Anda dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain. Anda dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang Anda baca, menyampaikan ulasan buku serta mendapatkan teman baru. Membaca ebook jadi lebih menyenangkan karena Anda dapat membaca ebook secara online maupun offline.”

Ditjen PHU – Kementerian Agama Republik Indonesia mengeluarkan 4 aplikasi, yaitu Haji Pintar, CAT Petugas Siskohat, SatuPHU dan SiPatuh Haji Khusus.

Ditjen Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Kemenag mengeluarkan 1 aplikasi, yaitu Umrah Cerdas.

Beberapa aplikasi Kemenag tersebut ada yang bersifat publik untuk masyarakat luas seperti Quran Kemenag, Umrah cerdas, Jendela AlQuran dan lain-lain.

Aplikasi Pusaka (warna putih) bisa juga untuk masyarakat luas karena di dalamnya ada layanan sertifikasi halal, haji dll, Disamping aplikasi ini akan menjadi aplikasi wajib bagi ASN Kemenag karena ada aplikasi absensi di dalamnya. Dan aplikasi Pusaka ini diproyeksikan menjadi aplikasi andalan Kemenag, dengan digaungkannya aplikasi ini menjadi Aplikasi Super App Kemenag.

Demikian ulasan seputar aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI. Jika ada Aplikasi resmi lainnya yang tidak dapat kami sebutkan bisa disampaikan di komentar, karena keterbatasan kami merangkum informasi yang kami peroleh.


Image by pikisuperstar on Freepik

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria