Tips Membeli Kamera Pertama Bagi Pemula

Pada dasarnya sebuah kamera saat ini sudah semakin banyak sekali jenisnya. Bahkan harga yang ditawarkannya pun sangat beragam. Jika Anda memang memiliki budget yang sangat terbatas, maka pastinya akan ada beberapa hal yang harus Anda tahu sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli kamera baru. Di bawah ini akan kami informasikan kepada Anda tentang beberapa tips membeli kamera bagi Anda para pemula. Yuk, di simak ulasannya. 



Tips Membeli Kamera Pertama Bagi Pemula 

Perhatikan budget dan harga yang ditawarkan 

Besaran budget yang dimiliki untuk membeli sebuah kamera baru pastinya jadi hal pertama yang harus Anda perhatikan di sini. Banyak sekali kamera yang bisa jadi pilihan dan rentang harganya pun sangat beragam. Setelah Anda memastikan jumlah budget yang disiapkan, baru Anda bisa mencari kamera dengan spek dan fitur sesuai kebutuhanmu dalam memotret. 

Harga dari sebuah laptop yang ditawarkan juga tak kalah pentingnya untuk Anda pertimbangkan dan perhatikan, karena selain kamera dn lensa Anda pastinya juga akan beli perlengkapan lain, seperti tas kamera, tripod, alat pembersih, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, pastikan budget yaang Anda miliki sudah termasuk dana untuk beli aksesoris yang dibutuhkan tersebut. 

Memperhatikan kebutuhan dalam memotret 

Kira – kira apa yang ingin Anda lakukan dengan kamera baru tersebut? Pertanyaan satu ini pastinya akan sangat membantu Anda dalam menemukan kamera dengan harga yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apa Anda nanti akan membawanya untuk travelling, atau Anda butuh kamera yang tahan air? Sebaiknya sebelum Anda memilih jenis kamera baru, ada baiknya Anda pahami dulu bagaimana menentukan kriteria umum kulitas sebuah kamera. Yang mana hal ini dapat Anda lihat dari kualitas foto yang nanti akan dihasilkan. Kualitas foto umumnya ditentukan oleh besaran image sensor dan generasi prosesor gambar. 

Tak hanya itu, perhatikan pula kinerjanya. Kinerja sebuah kamera tentu sja bisa dilihat dari kecepatan oeprasi, kecepatan foto secara berturut – turut, maupun kecepatan dalam lakukan berbagai macam fungsi kamera yang otomatis. Selain itu perhatikan pula seberapa lengkapnya aksesoris yang dimiliki, seperti lensa dan flash di kamera tersebut. 

Mengetahui jenis – jenis kamera yang ada di pasaran 

Jika Anda sudah tahu apa kebutuhanmu, kini saatnya untuk mencari tahu jenis – jenis kamera yang dijual di pasaran. Untuk jenis kamera compact atau saku umumnya punya lensa yang tak bisa diganti – ganti, tetapi memiliki bentuk yang lebih ringkas dan penggunaannya pun sangat praktis. Jenis kamera tersebut cocok untuk dibawa saat travelling, atau sekadar memotret untuk kebutuhan sehari – hari. Sementara itu untuk jenis kamera prosumer atau superzoom ini sendiri biasanya memiliki kekuatan zoom lensa sekitar 20 – 50 x atau bahkan lebih. Bentuk dari jenis kamera tesebut seperti kamera DSLR tetapi umumnya memiliki ukuran lebih kecil dan ringan. 

Ada pula jenis kamera DSLR dan mirrorless. Lensa yang dimikiki kedua kamera tersebut bisa diganti – ganti. Apabila Anda baru pertama kalinya memiliki jenis kamera DSLR atau mirrorless, body kameranya umumnya sudah dipasangkan lensa kit. 

Perhatikan fitur lain yang dimiliki kameranya 

Jika Anda sudah tentukan jenis kamera yang paling pas untuk kebutuhanmu, lebih baik Anda juga perhatikan fitur lainnya yang dimiliki oleh kamera tersebut, seperti halnya fitur konektifitas, built in flash, scene modes and effects, memory card slot, dan battery grip. 

Beli kamera murah via online 

Saat ini Anda sudah bisa membeli kamera baru secara online, ini tentu saja akan jauh lebih praktis dan mudah untuk Anda lakukan. Bahkan Anda juga bisa membelinya di e-commerce yang jual produk – produk kamera. Tetapi kami sarankan agar Anda tetap memperhatikan pemilihan e-commerce saat akan membeli kamera baru, khususnya untuk e-commerce yang menggunakan rekening bersama. Tujuannya tak lain adalah untuk memberikan perlindungan konsumen serta menghindari terjadinya penipuan. Jika perlu Anda juga bisa menanyakan apa saja pelayanan yang akan Anda dapatkan setelah pembelian. Apabila kamera rusak atau ada cacat, apa ada pusat servisnya maupun pergantian dengan kamera baru. Apa spare partnya mudah dan cepat ditemukan, dan beberapa pertanyaan – pertanyaan yang lainnya. 

Nah, itu tadi beberapa tips membeli kamera pertama bagi pemula yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria