2 Tips Kecil Ini Buat Input Simkah 4 Jadi Cepet Lho!

Simkah sudah masuk tahun ke 2 sejak launching tahun 2022 kemarin, tapi kalau hitungan realnya masih belum setahun. Perbaikan aplikasi terus dilakukan agar menjadi aplikasi yang handal.

Kali ini saya tidak membahas kendala, eror yang terjadi ketika menggunakan simkah 4 ini. Sekedar berbagi tips kecil menggunakan simkah 4 agar lebih cepat, efisien dari segi waktu untuk menginput data pada aplikasi ini.

Berikut 2 tips mempercepat proses nginput simkah gen 4:

1. Gunakan Widget Pencarian

Pada dashboard simkah gen 4 ada bagian/widget pencarian. Semula saya kira untuk pencarian data-data yang diinput, seperti nama catin, nama desa, nama petugas atau lainnya. Ternyata TIDAK. 

Widget Pencarian tersebut ternyata tidak untuk mencari data, tetapi mencari menu yang ada dibawahnya, khususnya sub menu yang belum muncul sebelum tanda segitiga di main menu diklik (expand). Sub Menu Laporan, Sub Menu Akta, Sub Menu Desa. 

Sedangkan pencarian data ada di kolom masing-masing data yang ingin dicari, dengan simbol kaca pembesar di bawah nama kolomnya.

Hal ini sangat membantu bagi pengguna/user simkah gen 4 yang baru atau belum terbiasa menggunakannya. Menggunakan widget pencarian juga akan mempercepat menemukan menu yang akan digunakan apalagi bila posisi menu ada di bagian bawah, seperti rekomendasi atau laporan. 

Cara menggunakannya pun simple tinggal ketikkan saja menu yang ingin digunakan. Misal menu laporan, ketik ”laporan” atau cukup beberapa kata diawal dari Kata laporan sudah muncul menu laporan yang dicari. 

simkah 4


2. Gunakan Tampilan Layar Kerja/ Tampilan Browser Custom

Simkah Gen 4 ini dibuat responsive, artinya tampilan aplikasi bisa mengikuti ukuran layar device yang digunakan oleh user. Sayangnya hal ini kurang diperhatikan atau terlewatkan oleh tim yang menangani bagian UI/UX. 

Saat ini Gen 4 untuk memunculkan form isian data menggunakan Modal atau Pop Up bukan halaman/page baru. Nah ukuran Modal/Pop Up ini yang kurang memperhatikan pengalaman pengguna. Tampilan form pengisian data mengikuti ukuran layar, bahkan full layar, seolah-olah membuka halaman baru padahal itu modal/pop up.

Tampilan yang full layar ini mengakibatkan kolom isian yang berjauahan dan butuh waktu relative agak lama untuk berpindah dari isian satu ke isian berikutnya, baik yang input manual dengan mengetikkan data ataupun yang berupa option/memilih pilihan (tanggal).

simkah 4
Tampilan sebelum dicustom, memenuhi layar.

Untuk mengatasi hal ini cukup rubah ukuran browser yang digunakan, dengan mengklik icon Restore Down di bagian pojok kanan atas sebelah kiri icon close, seret sisi kiri atau kanan jendela/window browser ke ukuran yang diinginkan dengan tetap memperhatikan ukuran layar monitor komputer/laptop masing-masing. 


simkah 4
Setelah di merubah ukuran window browser, tampilan jadi 1 kolom 

Dengan cara ini maka tampilan form isian akan berubah menjadi satu kolom, berurut kebawah. Waktu yang dibutuhkan untuk berpindah dari satu isian ke isian lainnya berkurang, dan ini akan mempercepat proses input data.

Demikian 2 tips kecil agar lebih cepat menginput data simkah 4. Namun demikian Kecepatan dalam menginput data jangan sampai mengurangi kecermatan/ketelitian, jadi tetap cermat, teliti namun juga cepat. Selamat bekerja.


Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria