Simkah Generasi 4 Hadir, Ada yang Baru?

Beberapa hari lalu Simkah Generasi 4 ini sudah soft launching dengan keluarnya surat yang ditujukan kepada Operator SIMKAH KUA Kecamatan Se-Indonesia dari Dirjen Bimas Islam, tertanggal 19 Juli 2022 lalu, tentang uji coba pengembangan simkah Generasi 4. 

Akan tetapi uji coba yang direncanakan dari tanggal 20 sampai 31 Juli ini dihold alias ditahan/batal sementara karena sesuatu hal. 


Dalam Surat tersebut dilampirkan sedikit informasi terkait Simkah Generasi 4 ini. Berikut yang dapat kami rangkumkan 

Pertama, UI/UX design baru 

UI/UX design Simkah Gen 4 atau gampangnya tampilan Aplikasi Simkah Gen 4 lebih fresh dari sebelumnya dan kekinian layaknya aplikasi SAAS (Software as a Service) lainnya (setidaknya menurut penulis hehehe). 

Kedua, Jenjang Tipe User 

Ada 4 tipe User. Yaitu, User Admin Pusat, User Kemenag Kanwil Provinsi, User Kemenag Kabupaten dan User KUA. Dimana masing-masing tipe user memiliki kewenangan berbeda sesuai dengan tingkat dan wilayahnya. 

Menurut penulis sebenarnya ada 5 tipe user, mengingat masyarakat diberikan opsi untuk dapat mendaftarkan secara online pernikahannya di Simkah Web ini. 

Ketiga, Manajemen Stock Buku Nikah 

Menurut penulis fitur stock buku nikah ini yang akan menghubungkan/mengkaitkan 4 tingkat user tadi, dari user di KUA, user Kemenag Kabupaten, user Kemenag Provinsi dan User/admin Pusat. Disamping menu Rekomendasi Nikah yang akan menghubungkan antar User di tingkat KUA Kecamatan se-Indonesia seperti Simkah sebelumnya. 

Keempat, Terdapat Menu Saran dan Masukan 

Salah satu menu yang baru di Simkah Gen 4 ini adalah Menu Saran dan Masukan. Mengadopsi fitur Ticketing pada aplikasi SAAS pada umumnya. Dimana saran masukan atau keluhan disampaikan di menu ini.

Berharap fitur saran dan masukan ini dapat berfungsi dengan optimal tidak hanya pelengkap atau pemanis dari Simkah Gen 4 ini. 

Demikian sedikit informasi yang dapat diambil dari surat Dirjen Bimas Islam kepada Operator Simkah KUA Kecamatan se-Indonesia tentang Ujicoba Pengembangan Simkah Gen 4. 

Berikut beberapa tampilan Simkah Gen 4 yang dapat dilihat dari url sementara simkah web Gen 4 dan lampiran surat edaran tersebut.

Login Simkah Web Gen 4

dashboard simkah gen 4

Menu Daftar Nikah Simkah Gen 4

Saran dan Masukan Simkah Gen 4













Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria