Dengan TI; Upaya Revitalisasi KUA Kecamatan (Part 1)

Salah satu program yang digalakkan oleh Kementerian Agama RI dibawah komando Gus Men -Yaqut Cholil Qoumas- yaitu Revitalisasi Kantor Urusan Agama. Program yang dijalankan secara bertahap terhadap KUA-KUA di Indonesia dan diharapkan program ini menyentuh semua KUA di Indonesia.

Program ini berangkat dari kesadaran akan pentingnya fungsi layanan KUA Kecamatan yang menjadi ujung tombak Kementerian Agama di daerah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. 

Setidaknya ada 4 tujuan dari Revitalisasi KUA sebagaimana disampaikan oleh Kamaruddin Amin, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, yaitu (1) untuk meningkatkan kualitas umat beragama, (2) untuk memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, (3) untuk memperkuat program dan layanan keagamaan dan (4) untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan. (sumber : https://kemenag.go.id/read/ini-empat-tujuan-revitalisasi-kua-6v0o5)

Lebih lanjut Kamaruddin Amin menjelaskan program Revitaslisasi KUA merupakan upaya Kemenag untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama.

Teknolog Informasi (TI) menjadi suatu keharusan di masa kini. Keberadaannya sudah mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita. Pengabaian terhadap TI menjadi sesuatu yang tidak tepat bersamaan dengan keinginan untuk berkembang, maju di abad ini.

Huhhh... Cukup sudah pengantarnya ya…. Sudah ga kuat nulis yang serius :D tapi yang dibawah ini juga serius lho tapi yang ringan-ringan aja hehehe… 

Pada bagian pertama (Part 1) ini sekedar tutorial membuat Buku Tamu digital yang paperless alias ga pake kertas kecuali nanti dicetak :D.

Alurnya:

Menggunakan Google Form dan Google Sheet kemudian ditambah dengan QR Code.

Saya yakin Anda sudah biasa dengan cara membuat Google Form dan Google Sheet untuk menyimpan data yang masuk, jadi tidak perlu saya tulis kembali di sini cara membuatnya. Artinya anda sudah bisa membuat Form Buku Tamu.

Langkah selanjutnya berarti tinggal menambahkan QR Code untuk link Form Buku Tamunya. 

Pertama : Siapkan link Form Buku Tamu yang sudah dibuat.

Contoh : https://forms.gle/WsvfbhMEgmNhqHaa6

Link dicontoh sudah menggunakan link short/pemendek link dari google. Biar lebih singkat bisa dicoba untuk menggunakan short link lain yang bisa dikustom. Seperti dari bit.ly, s.id atau lainnya.

Link Contoh diatas saya kustom dengan layanan pemendek url dari s.id menjadi s.id/BukuTamuKUA

Kedua : Membuat QR Code dari Link Buku Tamu

Untuk membuat QR Code dari Link buku tamu bisa kita gunakan layanan gratis QR Code Maker dari berinsta.com, berinsta.com/p/alat-membuat-qr-code.html atau dari penyedia layanan  QR Code lainnya.

 

QR Code Maker dari Berinsta.com


Masukkan link Buku Tamu, dan klik Generate.

 

QR Code Maker Berinsta.com

Akan tampil QR Code, dari sini bisa langsung klik kanan pada gamabr QR Code dan pilih ”save image as”

 

Simpan QR Code


Ketiga : Cetak QR Code

Agar mudah diakses oleh tamu yang datang ke KUA maka QR Code ini kita cetak. Cetak disertai dengan Linknya ya agar yang tidak memiliki aplkasi QR Scan di smartphonenya tetap bisa ngisi dengan mengakses link dari browser. 

Misal seperti ini:

 

QR Code dan Link

Cetak dan letakkan di tempat yang mudah diakses. Cetaklah beberapa QR Code dan bisa juga cetak yang agak besar agar mudah diakses bersamaan oleh beberapa tamu.

Jangan lupa kita perlu mengingatkan tamu yang datang untuk mengisi buku tamu dengan menunjukkan QR Codenya ya. Kalo tamunya ga punya Smartphone ya terpaksa perlu nyiapin buku tamu manual (atau pihak KUA menyediakan Tablet Androidnya...-edited-) hahaha…. 

Semog bermanfaat.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria