Membuat Billing Favorite di Simponi

Simponi adalah aplikasi dari kemenkeu yang diperuntukkan untuk pembuatan billing pembayaran PNBP. Salah satu penerimaan negara bukan pajak yang ada di kemenag adalah pembayaran biaya nikah yang nilaianya adalah sebesar Rp. 600.000. / enam ratus ribu rupiah.

Ketersediaannya koneksi internet yang baik, baik dari segi kecepatan maupun kestabilannya menjadi syarat mutlak menjalankan aplikasi ini. Tak jarang pembuatan biling PNBP gagal karena terputusnya koneksi internet atau koneksi yang lambat. 

Simponi bisa diakses dari berbagai device/gawai, mulai dari computer desktop, laptop hingga smartphone pun bisa digunakan untuk membuat billing di Simponi ini.

Ada satu Proses dalam pembuatan billing yang membutuhkan koneksi yang baik dan stabil, yaitu proses pemanggilan jenis penerimaan. Hal ini terjadi karena aplikasi Simponi akan memanggil data yang cukup banyak berupa list daftar penerimaan PNBP dari berbagai Lembaga negara yang ada yang jumlahnya cukup banyak.

Nah pada tulisan ini akan membahas bagaimana cara membypass atau melewati proses tersebut atau setidaknya mengurangi proses memilih jenis penerimaan yang membutuhkan waktu apalagi kalo daftar jenis penerimaannya ada di bagian bawah hehehehe…

Ya dengan fitur “Pembuatan Billing Favorite” yang sudah disediakan oleh aplikasi ini. Rupanya pengembang aplkasi ini sudah menyadari kelemahan tersebut, oleh karenanya dibuatlah fitur ini.

Fitur ini sesuai dengan Namanya adalah menu yang akan sering digunakan dalam pembuatan billing dan berfungsi untuk melewati proses pencarian jenis penerimaan yang membutuhkan waktu agak lama.

Bagaimana cara membuat menu ini? Ikuti Langkah-langkahnya berikut ini:

1. Login ke Simponi dengan username dan password masing-masing

2. Pada bagian menu pilih “Billing” 


3. Pilih “Kementerian/Lembaga”


4. Pilih “Daftar Tarif Fungsional KL Favorit”


5. Klik tanda “+” atau “Tambah Daftar Tarif Fungsional Favorit”


6. Pastikan isian bagian Kementerian/Lembaga, Unit Eselon 1 sampai Nama Wajib Setor/Wajib Bayar” sesuai instansi masing-masing


7. Lihat tanda bintang pada table. Klik Tanda bintang tersebut (Tarif Favorit).



8. Pilih Jenis Penerimaan

9. Maka Sebagian akan terisi dan pada bagian “Uraian Tarif” silahkan diisi dengan keterangan pembayaran tentang apa, kemudian centang/ceklist biru pada kolom “Selalu Pilih”.



10. Klik Simpan

11. “Apakah Daftar Tarif Fungsional Favorit ini Akan Disimpan?” Klik YA


12. Maka dalam daftar Tarif Fungsional Favorit sdah ada 1 baris daftar favorit yang barusan dibuat.



Berikut Cara menggunakannya:

Kita asumsikan akan membuat billing untuk biaya nikah. Karena sebelumnya pada cara membuat menu favorit menggunakan contoh dari biaya PNBP Nikah di KUA. 

Langkah-langkahnya sama Ketika akan membuat billing seperti biasanya:

1. Login ke Simponi dengan username dan password masing-masing

2. Pada bagian menu pilih “Billing” 

3. Pilih “Kementerian/Lembaga”

4. Selanjutnya biasanya kita pilih menu “Pembuatan Billing K/L”, karena sudah membuat fitur favorit maka pilihlah menu “Pembuatan Billing K/L (Tarif Favorit)”

5. Akan masuk ke halaman pembuatan billing seperti biasanya tapi kali ini ada tanda bintang di kolom “Jenis Penerimaan”


6. Klik tanda bintang di kolom “Jenis Penerimaan”

7. Pilih tarif fungsional favorit. Karena baru membuat 1 tarif fungsional favorit dan kolom “Selalu Pilih” sudah di ceklist. Maka langsung isilah pada bagian “Nama Wajib Bayar”. 

Jika mempunya banyak daftar tarif fungsional favorit, maka pilihlah daftar yg ingin digunakan dengan menceklist “Selalu Pilih” pada tarif fungsional favorit yang akan dibuat. 


8. Setelah diisi “Nama Wajib Bayar” kemudian klik tombol “Ambil Tarif”

9. Lengkapi isian pada detail pembayaran.


10. Cek ulang data-data isian Detai Pembayaran, kemudian akhiri dengan menekan tombol “Simpan”

11. “Apakah Pembuatan Data Pembayaran ini akan Diproses?” pilih YA


12. “Data Pembayaran Telah Berhasil Disimpan” Klik OK


13. Klik tombol Merah “Cetak” untuk mencetak/PDF.


Demikian langkah-langkah membuat fitur biling favorit dan cara menggunkannya. Tonton juga video tutorial Membuat Billing Favorite di Simponi di youtube berikut:




  


0 comments