Import Data Lama pada Simkah Web

Import Data Lama pada Simkah Web
Salah satu permasalahan seputar migrasi sistem pencatatan nikah dari simkah desktop ke simkah web adalah pengalihan data dari simkah desktop ke simkah web. Data nikah yang jumlahnya ribuan atau mungkin jutaan yang berada di simkah desktop, baik yang sudah dikirim ke pusat maupun yang masih berada di desktop KUA masing-masing.
Beberapa minggu lalu hal ini sudah dibuka pintu untuk itu. KUA melalui operator simkahnya dapat mengirimkan data pernikahan lama ke server simkah pusat. 
Keberadaan data pernikahan lama di server simkah pusat menjadikan verifikasi pencatatan lebih mudah. Karena dari mana saja kita bisa mengecek validitas suatu pernikahan, dengan menggunakan pencarian berdasarkan No Akta atau data pencatatan lainnya.
Berikut cara untuk melakukan pengiriman atau Import Data Lama pencatatan perkawinan.
Secara umum Ada dua langkah, langkah pertama adalah penyiapan data dari simkah desktop dan langkah kedua adalah pengiriman data melalui simkah web.
Untuk langkah pertama : Menyiapkan Data 
  1. Buka Simkah Desktop
  2. Buka Akta
  3. Tentukan range data yang akan dikirim
  4. Klik menu excel, pilih yang customisasi
  5. Buat nama file dan tentukan lokasinya dimana
  6. Start
  7. File excel terbentuk, kemudian Save As dengan format .xlsx /Excel Workbook (pada proses ini klik silang/oke/close) 
  8. Simpan

Untuk langkah kedua : Pengiriman Data
  1. Login ke simkah web
  2. Klik menu Akta Nikah
  3. Klik Menu Import Data Lama (menu samping kiri)
  4. Masukkan file data yang disiapkan tadi dengan Klik tombol Choose file, pastikan file yang dikirim berekstensi .xlsx (nama file dan ekstensinya akan terlihat disamping)
  5. Klik Tombol Proses
Beberapa kesulitan yang perlu diperhatikan dalam mengimport data lama pernikahan:
1. Kecepatan koneksi internet, semakin banyak data semakin butuh koneksi yang stabil.
2. Perhatikan pada langkah pertama, hal ini sering terjadi kendala karena adanya Protect View dari excel. Ikuti langkah-langkahnya dengan teliti.
Selain itu ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Import Data Lama ini, bahwa maksud Data Lama adalah data pencatatan yang peristiwanya sebelum tahun berjalan dan atau peristiwa pencatatan karena itsbat nikah. Jadi kalau kita kirim data Januari tahun 2019 pada tahun 2019 ini maka tidak akan masuk datanya, tetapi bila di bulan tersebut ada pencatatan karena itsbat maka data ini saja yang bisa masuk sedangkan data lainnya tidak bisa.
Setelah data ini berhasil masuk langkah selanjutnya adalah memasukkan/upload dokumen untuk merubah status "Arsip Belum Lengkap" menjadi "Arsip Sudah Lengkap" dengan cara memasukkan/upload dokumen. Dokumen yang dimaksud adalah Akta Nikah, jadi untuk menyempurnakan Import Data Lama adalah dengan menscan Akta Nikah dan menguploadnya, file bisa berbentuk .pdf, .jpg/jpeg, atau .png. 
Demikian cara melakukan Import Data Lama pada Simkah web, semoga bermanfaat.
Berikut video tutorial Import Data Lama pada Simkah Web...

0 comments