Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak


Simkah.Web.Id - Mengerjakan Pencatatan Catin dengan SIMKAH WEB atau SIMKAH ONLINE menggunakan laptop sangat bisa dan karena sifatnya portable menjadi mudah dipindah-pindah. Tapi terkadang kita kurang dalam perawaantnya. Terutama masalah baterai laptop.

Memang sih laptop masih bisa digunakan walau tanpa baterai. Caranya yaitu dengan menggunakan laptop yang diset sebagai komputer sehingga harus dinyalakan dengan bantuan kabel charger. Namun minusnya adalah laptop tentu tidak bisa nyala tanpa adanya bantuan kabel charger sehingga tidak praktis dan tidak bisa dibawa kemana – mana. Karena itu sadar atau tidak baterai laptop juga menjadi salah satu aspek kelengkapan yang sangat penting bagi laptop Anda.

Karena itu sangat dianjurkan agar Anda pemilik laptop senantiasa memperhatikan baterai laptop Anda agar jangan sampai baterai laptop tersebut mengalami kerusakan. Lantas bagaimana caranya yang bisa dilakukan untuk menjaga dan merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak? Berikut kami akan berikan berbagai tips merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak yang Anda perlu tahu dan pahami!

Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak 

Pengaturan cahaya rendah 

Salah satu fitur yang sebenarnya memakan banyak daya suatu baterai adalah layar. Anda harus tahu bahwa cahaya yang terlalu terang dapat membuat daya baterai semakin cepat terkuras. Jadi setiap pemakaian baiknya Anda pastikan senantiasa mengatur cahaya rendah agar baterai bisa awet dan lebih tahan lama. Selain itu cahaya yang terlalu terang juga sebenarnya membuat mata mudah lelah sehingga merusak kesehatan mata. Jadi dalam pemakaian laptop hal ini penting Anda perhatikan.

Minimalisasikan pemakaian dan penggunaan aplikasi 

Bagi Anda yang suka membiarkan laptop menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu jelas ini adalah hal buruk yang akan membuat laptop bekerja lebih keras dan membuat daya baterainya lebih mudah terkuras habis. Jadi baiknya Anda harus memastikan untuk menutup semua aplikasi yang tidak sedang dipakai supaya baterainya lebih awet.

Istirahatkan laptop Anda ketika sedang dicharge 

Bermain laptop sambil Anda melakukan teknik charge merupakan suatu kebiasaan yang saat ini sangat susah ditinggalkan. Padahal aktivitas ini merupakan tindakan yang sangat tidak baik karena dapat membuat baterai laptop tidak lagi awet. Jadi setiap kali Anda melakukan charge baiknya selalu Anda usahakan untuk benar – benar mengistirahatkan laptop Anda. Jadi baterai dapat mengisi daya sendiri secara maksimal tanpa ada campur tangan penggunaan dari pengguna.

Jangan tunda cabut charge ketika sudah menunjukkan 100% 

Penyebab utama mengapa baterai dapat cepat rusak dan mengalami kebocoran adalah kebiasaan pengguna yang lupa mencabut charger ketika baterai sudah berada pada titik tertinggi. Padahal sebenarnya membiarkan arus listrik untuk terus mengaliri baterai malah dapat memberikan potensi kerusakan atas berbagai komponen yang ada didalam baterai. Karena itu agar baterai Anda tetap awet sebaiknya senantiasa Anda hindari mengisi daya terlalu lama.

Pastikan juga bahwa dalam pengisian baterai laptop selalu Anda gunakan baterai yang original karena hal ini juga sangat penting pengaruhnya dengan arus baterai yang dimasukkan ke dalam baterai Anda saat pengisian daya berlangsung. Anda harus tahu bahwa penggunaan charger yang tidak orisinil dapat berakibat pada arus listrik yang tidak stabil dan membuat baterai cepat rusak karena lonjakan arus yang terlalu kecil atau terlalu besar ketika pengisian sedang berlangsung. Hindari juga mengisi baterai ketika baterai sudah terlalu lowbat karena akan membuat baterai cepat mengalami kerusakan.

Hindari terjadinya overheat pada laptop 

Salah satu aspek yang menyebabkan baterai mengalami kerusakan adalah overheat dari laptop itu sendiri. Jadi pemakaian yang terlalu lama tanpa fan atau kipas dapat mengakibatkan laptop mengalami overheat. Untuk mengatasinya upayakan ketika laptop digunakan dalam waktu yang lama Anda senantiasa menyertakan fan pada laptop.

Apalagi ketika mengerjakan pencatatan nikah dengan SIMKAH WEB atau SIMKAH ONLINE yang berbasis website sering kali melalaikan kita karena sering kali ketika menginput pendaftaran nikah kita juga browsing hal-hal lainnya.

Kontrol selalu waktu pemakaian laptop 

Laptop juga termasuk suatu barang elektronik yang tentu memiliki kapasitas tersendiri. Jadi jika Anda ingin memiliki laptop yang baterainya tetap awet maka Anda harus kondisikan juga waktu pemakaiannya. Upayakan agar laptop milik Anda tetap memiliki waktu istirahat dan jangan terlalu Anda forsir terus menerus pemakaiannya karena selain dapat membuat umur baterai berkurang juga dapat mengurangi efektifitas dan kinerja sebuah laptop. Jika Anda ingin memiliki laptop yang tahan lama dan tidak mudah mengalami kerusakan ada baiknya juga untuk Anda terapkan beberapa tips merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak diatas. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat dan menginspirasi Anda.

Demikian tips ini, semoga bermanfaat dan membantu dalam proses Pencatatan Nikah dengan SIMKAH WEB atau SIMKAH ONLINE.

0 comments