Tips Membeli Laptop Bekas Murah Berkualitas, Murah Tapi Nggak Murahan


Budget tidak cukup untuk membeli laptop baru? Tak perlu berkecil hati, Anda bisa kok membeli laptop bekas dengan harga yang pastinya lebih murah, tetapi memiliki kualitas yang tak murahan. Tetapi demikian, untuk membeli laptop bekas atau second ini Anda harus lebih berhati – hati lagi, sebab jika tidak Anda bisa saja akan mendapatkan laptop bekas dengan kualitas yang tak bagus, sehingga baru digunakan beberapa hari saja laptop tersebut bisa saja alami berbagai masalah. Bahkan parahnya lagi laptop tersebut rusak dan tidak bisa digunakan lagi sebagaimana mestinya. Untuk itu pada artikel kali ini kami akan coba membagikan kepada Anda tentang beberapa tips membeli laptop bekas murah berkualitas agar Anda tak salah pilih. Mari di simak ulasannya baik – baik, ya!

Tips Membeli Laptop Bekas Murah Berkualitas, Murah Tapi Nggak Murahan 

Memeriksa dengan baik bagian fisik 

Tampilan fisik dari sebuah laptop jadi salah satu poin penting yang bisa Anda jadikan acuan pada saat membeli laptop bekas. Sebab, hal yang paling jelas terlihat pada saat membeli laptop bekas atau second adalah ada pada bagian fisiknya. Kondisi fisik sebuah laptop besar yang masih bagus jadi pertanda bahwa pemiliknya bisa merawat laptop tersebut dengan baik. Tetapi demikian, kadang kalanya bagian luar yang terlihat bagus ternyata belum tentu bagus pula bagian dalamannya. Makanya Anda harus cek performa dan kondisinya dengan teliti.

Cek pula garansinya 

Baik itu garansi toko atau pun distributor resmi pastinya juga harus Anda perhatikan saat ingin membeli laptop bekas. Sebab, garansi yang masih berlaku nanti akan memudahkan dan pastinya akan sangat menguntungkan bagi Anda jika suatu saat nanti Anda mendapati masalah, atau kerusakan pada laptop yang sudah Anda beli.

Mengecek fungsi dan performa laptop 

Tips yang selanjutnya haarus Anda perhatikan pada saat membeli laptop bekas adalah mengecek fungsi dari komponen atau pun peripheral dari laptop bekas tersebut. Contohnya saja Anda cek di bagian port USB, apa semua port masih dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya, lalu cek pula DVD – ROM, webcam, keyboard, dan kondisi dari speakernya.

Memastikan baterai dan charger laptop dalam kondisi baik 

Salah satu hal yang paling sering dikeluhkan pada saat seseorang membeli laptop bekas adalah pada bagian kinerja baterainya. Umumnya penggunaan laptop yang kurang baik bisa timbulkan efek samping pada bagian baterainya, yakni menurunnya kemampuan dalam menyimpan daya dari baterai tersebut. Cukup sulit sih untuk memastikan apa baterai laptop tersebut masih dalam keadaan baik atau pun tidak. Caranya gampang banget, yakni Anda bisa coba lihat pada bagian indikator baterainya terlebih dulu di level berapa, lalu cobalah Anda gunakan laptop tersebut untuk membuka banyaknya aplikasi yang berat sekitar 5 – 10 menit.

Jika sudah, silakan Anda lihat apakah baterainya alami penurunan yang normal, atau malah alami penurunan yang ekstrim. Tak hanya itu saja, pada bagian charger ini pastinya juga harus dalam keadaan baik, pastikan tak ada kabel yang mengelupas atau pun charger sering hidup dan mati pada saat digunakan.

Memeriksa layar LCD pada laptop 

Hal yang satu ini juga tak kalah pentingnya, sebab harga sebuah LCD laptop ini terbilang cukup mahal sekali, sebaiknya Anda pastikan dulu kondisinya baik sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya. Selain itu pastikan pula tak ada dot pixel di layar LCD laptop yang akan Anda beli. Caranya mudah sekali, yakni dengan mengganti wallpaper dengan warna hitam polos, lalu perhatikan dengan seksama apa ada selain warna hitam disana. Lalu ganti lagi dengan warna putih polos dan pastikan kembali kondisinya baik.

Mengecek harga pasar 

Kami sarankan agar Anda jadi pembeli yang bijak, Anda harus kira – kira dulu harga pasaran untuk jenis laptop yang hendak Anda beli. Tujuannya tak lain adalah agar Anda bisa mendapatkan harga laptop bekas yang sesuai. Harga laptop bekas ini umumnya turun sekitar 20% - 40%, hal tersebut bergantung dari kondisi barang dan lamanya penggunaan.

Demikianlah tips membeli laptop bekas murah berkualitas yang bisa kami informasikan. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

0 comments