Cara Mudah Mengecilkan Ukuran Foto dengan Cepat untuk Simkah Web

Ya anda tidak salah, berikut kami tunjukkan cara mengecilkan ukuran foto dengan cepat cukup dengan aplikasi bawaan windows yaitu Paint. Mengapa Paint? Pertama, karena dapat dipastikan bila komputer atau laptop ber-OS Windows maka aplikasi pengedit gambar yang bernama Paint ini terinstall juga. Kedua, aplikasi Paint itu ringan, simple dan -untuk keperluan resize- Paint relatif sangat mudah menggunakannya.

Mengupload atau mengunggah Foto dalam bentuk file (baik berformat .JPEG maupun .PNG) menjadi salah satu hal yang harus ada dalam proses pendaftaran Nikah. Jika proses mengunggah foto ini diabaikan maka proses pendaftaran nikah tidak akan berlanjut. Meskipun penggunaan foto sebenarnya bukan untuk foto di Buku Nikah atau di lembar Akta Nikah, akan tetapi digunakan ketika hendak membuat Kartu Nikah.

Asumsinya kita tidak menggunakan kamera untuk pengambilan foto calon pengantin, karena saat ini belum tersedia fitur pengambilan foto langsung di Simkah Web. Ketika Calon pengantin mendaftar dipastikan mereka membawa foto, setidaknya 2 ukuran yaitu 2 x 3 yang akan digunakan di Buku Nikah dan 3 x 4 yang digunakan di Akta Nikah.

Adapun hardware dan software yang dibutuhkan adalah:
1. Laptop atau komputer,
2. Scanner atau Smartphone,
3. Aplikasi Paint.

Adapun cara untuk mengecilkan ukuran foto menjadi ukuran yang sesuai dengan yang diminta oleh Simkah Web yaitu 2 x 3 cm, adalah:

Pertama, scan foto catin dengan scanner atau jika menggunakan smartphone fotolah salah satu foto catin. Simpan dalam format .JPEG atau PNG.

Kedua, jalankan aplikasi Paint. Dari Start >> All Programs >> Accessories >> Paint. Kemudian ke Menu Open dan pilihlah file foto yang hendak dirubah ukuran fotonya. Bisa juga dari Windows Explorer >> cari file yang hendak di rubah >> Klik Kanan >> edit.

Ketiga, Crop foto terlebih dahulu sehingga bagian yang diluar foto tidak ikut. Caranya, setelah foto terbuka di aplikasi Paint, Klik Icon Menu Select >> buatlah area baru dengan cara Klik kiri tahan dan gerakkan mouse secara diagonal dari salah satu ujung ke ujung lawannya >> Klik kiri icon Menu Crop.

Keempat, Klik icon Menu Resize >> pilih pixel >> hilangin centang pada “Maintain Aspect Ratio” dengan mengkliknya >> pada Horizontal isi dengan 76 dan pada vertical isi dengan 114.>> akhiri dengan save. 

Dengan mengikuti langkah langkah tersebut maka ukuran foto berubah menjadi 2x3 (lebih dikit) dan ukuran file menjadi lebih kecil sehingga akan mempercepat proses pengunggahan/upload foto calon pengantin.

Untuk memudahkan dalam memahami “Cara mudah mengecilkan ukuran foto dengan Paint untuk Simkah Web” bisa dilihat video tutorial berikut ini.

Semoga bermanfaat.

0 comments