Perhatikan Hal Ini Sebelum Upgrade RAM Laptop Anda


Mau upgrade RAM laptop? Eits, tunggu dulu! Sebab masih ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan di sini. Sebab, bukan tak mungkin lagi laptop Anda justru akan alami berbagai macam masalah akibat Anda salah dalam memutuskan untuk upgrade RAM laptop tersebut.

Perlu Anda tahu nih, bahwa sebuah RAM pada laptop, PC, atau pun komputer ini sebetulnya memiliki fungsi yang penting sekali, yakni untuk percepat kinerja sebuah laptop. Tapi masalah yang kerap kali terjadi adalah di zaman yang semakin canggih dan modern seperti sekarang semakin berkembang pula software serta aplikasi, sehingga mau tidak mau seseorang akan membutuhkan resource yang besar, tetapi yang demikian tersebut tak jarang sebabkan pengguna merasakan laptop yang jadi sangat lemot, alami hang, atau lag pada saat memproses suatu data. Parahnya lagi, kadang kalanya laptopnya justru alami restart sendiri.

Dengan mengingat peran pentingnya sebuah RAM dalam kinerja sebuah laptop, PC, atau pun komputer, tak jarang sebagian dari kita ingin upgrade RAM. Tujuannya tak lain adalah agar bisa mendapatkan kinerja yang lebih mumpuni dari sebuah laptop. Namun pada kenyataannya kadang kalanya ada beberapa masalah yang timbul setelah seseorang mengupgrade RAM pada laptopnya. Nah, untuk menghindari masalah tersebut ada baiknya Anda perhatikan hal ini dulu sebelum upgrade RAM laptop Anda. Yuk, di simak ulasannya.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Upgrade RAM Laptop Anda

Memperhatikan kebutuhan upgrade pada laptop Anda

Hal satu ini memang sudah sepatutnya harus Anda perhatikan dengan baik, Anda tak boleh hanya tertarik untuk dapatkan kecepatan yang lebih pasca upgrade RAM, kemudian Anda buru – buru memutuskan untuk upgrade RAM pada laptop Anda tersebut. Pada dasarnya kebutuhan yang kami maksudkan di sini berbeda – beda tiap individu, sebab Anda sendiri yang akan merasakan kinerja dari laptop yang sering Anda gunakan. Apabila memang dirasa sangat perlu untuk dapatkan kinerja yang lebih, terutama pada segi kecepatannya, maka upgrade RAM pastinya akan jadi solusi yang paling tepat.

Tetapi demikian, Anda tetap harus perhatikan apakah komponen hardware maupun software yang dimiliki laptop Anda support atau pun tidak. Sebab, jika memang tidak support maka upgrade RAM yang lebih besar tentu akan mendatangkan masalah yang baru pada laptop Anda.

Mengetahui jenis – jenis prosesor

Asal Anda tahu juga bahwa prosesor pada sebuah laptop ini biasanya punya arsitektur yang berbeda – beda, sehingga kriteria untuk support memorinya pun akan berbeda – beda pula. So, yang perlu Anda perhatikan di sini pada saat akan upgrade RAM adalah Max Memory Size yang nanti akan menunjukkan kapasitas maksimal pembacaan besaran kapasitas RAM yang bisa dibaca sebuah prosesor. Contohnya saja maksimal memory sizenya 16GB, maka untuk kapasitas maksimum yang bisa dibaca hanya sebatas 16GB saja, jika Anda memaksakan untuk memberikan kapasitas yang lebih, hasilnya akan sangat percuma, karena memang tidak bisa terbaca.

Sistem operasi pada laptop juga perlu untuk diperhatikan

Ya, sistem operasi yang sudah terinstall pada laptop Anda juga tak kalah pentingnya untuk diperhatikan dengan baik, di sini yang harus Anda perhatikan adalah arsitektur yang digunakan. Apa sistem operasi tersebut pakai arsitektur 32 bit atau pun 64 bit. Baik untuk pada Windows maupun Linux punya limit memori yang berbeda – beda untuk masing – masing tipe sistem operasinya. Perbedaan yang paling mendasar pada 32 bit dan 64 bit adalah ada pada banyaknya kapasitas register yang bisa ditangani CPU dalam sekali perhitungan.

Pastinya yang demikian menjadikan sistem operasi yang dipakai oleh arsitektur 64 bit punya jumlah penanganan yang jauh lebih banyak dibandingkan sistem operasi dengan arsitektur 32 bit. Misalnya saja pada Windows 7 yang gunakan arsitektur 32 bit dengan batasan limit memori 4GB, apabila dipasangkan sebuah RAM dengan kapasitas lebih besar dari 4GB, maka yang hanya akan terbaca maksimalnya hanya 4GB saja, sementara itu pada arsitektur 64 bit sendiri batasan limit memorinya mencapai 192GB.

Memperhatikan masa garansi laptop

Yang terakhir ini juga tak kalah pentingnya. Hal yang sudah seharusnya perlu Anda ingat selalu sebelum upgrade RAM adalah setelah Anda menambahkan kapasitas memori RAM, maka secara otomatis masa garansi laptop Anda akan hangus. Pastinya yang satu ini harus banget Anda pertimbangkan terlebih dulu baik – baik sebelum upgrade RAM.
Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang hal yang harus diperhatikan sebelum upgrade RAM laptop Anda. Semoga bermanfaat.

0 comments