Penyebab Laptop Sering Restart Sendiri dan Solusinya



Tahu nggak sih, kira – kira apa yang membuat laptop Anda sering restart sendiri? Lalu, apa solusi untuk mengatasi masalah laptop yang restart sendiri tersebut? Perlu untuk kita ketahui bersama, bahwa karena sebuah laptop sudah sangat sering dipakai dan umurnya memang sudah cukup lama, kadang kalanya masalah laptop yang restart sendiri pun tak bisa terhindarkan. Tentu saja yang demikian ini sangat tidak Anda inginkan, sebab bisa menghambat Anda untuk menyelesaikan berbagai tugas – tugas yang sudah semestinya bisa selesai tepat pada waktunya.
Tetapi Anda juga tak perlu terlalu khawatir, sebab kali ini kami akan kasih tahu Anda tentang beberapa penyebab utama kenapa laptop Anda sering restart sendiri beserta solusi untuk mengatasi masalah tersebut. So, simak ulasannya sampai selesai ya!

Penyebab Laptop Sering Restart Sendiri dan Solusinya

Sebetulnya untuk masalah laptop yang sering restart sendiri seperti ini memang harus segera ditangani dengan baik dan benar, agar tidak terlalu lama mengganggu kinerja Anda. Tetapi juga perlu untuk Anda tahu pula,  bahwa sebab ada banyak hal dan faktor yang menjadikan laptop Anda sering restart dengan sendiri, jadi sudah pasti cara mengatasinya pun akan berbeda – beda untuk tiap masalah yang timbul. Makanya Anda perlu sekali menyimak beberapa ulasan yang akan kami bagikan berikut agar Anda bisa atasi masalah laptop sering restart berdasarkan penyebabnya.

Prosesor yang terlalu panas sebab laptop sering digunakan dalam waktu lama

Masalah yang satu ini memang bisa banget sebabkan laptop Anda alami restart sendiri. Untuk mengetahui tingkatan overheat atau laptop yang terlalu panas Anda bisa coba lihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di program BIOS. Atau, Anda juga bisa gunakan bantuan program Monitoring Temperatur seperti CPUID Hardware Monitor. Adapun penyebab prosesor terlalu panas adalah laptop yang menyimpan banyaknya debu atau kotoran, sehingga yang demikian tersebut menjadikan sirkulasi udara sedikit terganggu.
Tak hanya itu saja, Thermal Paste yang ada di bagian prosesor serta pendingin prosesor kadang kalanya juga cepat kering, sehingga yang demikian ini semakin membuat prosesor laptop Anda lebih cepat panas yang pada akhirnya menjadikan laptop tersebut sering restart sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa coba membersihkan bagian dalam laptop, kemudian jangan lupa untuk menambahkan Thermal Paste secukupnya, perhatikan pula tempat peletakkan atau pun penyimpanan laptop Anda, usahakan jangan diletakkan di tempat yang terlalu panas. Selain hal tersebut, Anda juga bisa melihat secara dini temperatur yang ada, bisa dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bernama CPUID Hardware Monitor. Dengan melakukan hal ini maka bisa dipastikan laptop Anda nanti tidak akan alami restart dengan sendirinya.

Laptop Anda terlalu banyak virus atau malware

Ya, ada kemungkinan laptop Anda terkena virus atau malwaare, kedua hal ini tentu saja menjadikan kerja memori laptop jadi terbebani sebab lakukan proses yang sama secara berulang – ulang. Sehingga laptop pun bisa jadi restart dengan sendirinya.

Kondisi RAM yang sudah tidak sehat

Sebuah laptop yang alami masalah satu ini biasanya masih bisa dihidupkan dan berjalan seperti biasa, akan tetapi dilain waktu laptop tersebut pastinya akan melakukan restart. Meskipun sudah dipastikan semua Hardware laptop dalam keadaan baik, akan tetapi masalah tersebut akan tetap ada. Solusi untuk atasi masalah RAM yang sudah tidak sehat ini tak lain adalah dengan mengganti RAM laptop Anda dengan RAM yang lain, sehingga laptop Anda pun bisa berjalan dengan normal sebagaimana mestinya.

Harddisk yang alami bad sector

Penyebab lain laptop sering restart sendiri adalah harddisk yang rusak atau alami bad sector. Dengan kondisi harddisk yang seperti ini maka bisa menjadikan laptop Anda sering hang, laptop Anda pun juga tidak bisa booting, muncul bluescreen, atau pun secara terus – terusan lakukan restart. Sehingga Anda tidak bisa melakukan pekerjaan apapun dengan laptop Anda sebagaimana mestinya, tentu yang demikian ini bukan jadi masalah yang bisa dianggap remeh, kan?
Anda bisa memperbaiki dan mencegah hal tersebut bisa terjadi pada harddisk Anda kok, misalnya saja Anda bisa jalankan program scandisk atau pun checkdisk, mendefrag harddisk laptop Anda secara berkala. Selain itu pastikan pula agar selalu mematikan laptop dengan benar, yakni dengan sistem shutdown.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang penyebab laptop sering restart sendiri dan solusinya. Semoga bermanfaat.

0 comments