Mengatasi Eror saat Print di Simkah Online


Tidak bisa melakukan cetak Buku Nikah atau Akta Nikah atau dokumen lainya di Simkah Online? Ini sering terjadi saat kita baru pertama kali menggunakan Simkah Online.

Jangan cepat putus asa apalagi menyalahkan ini produk gagal.... walau disadari dari pengembang maupun Bimas Islam bahwa Simkah Online memang belum sempurna.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengalami keadaan seperti ini, gagal melakukan cetak baik dalam format PDF maupun yang RTF.

pertama, pastikan semua isian data diisi dengan benar. Seperti data wali misalkan, penuls mengalami gagal cetak karena hal ini. karena hanya sekedar mencoba-coba penulis abaikan untuk mengisi data wali dengan lengkap, tempat lahir tidak diisi dan beberapa isian lainnya.

kedua, saat ini pencetakan pada Simkah Online akan berjalan lancar ketika aplikasi browser yang ada di dalam komputer kita telah mendukung untuk download, dan secara default hal ini ada pada setiap aplikasi browser.

Apabila tidak dapat mengunduh/mendownload maka install aplikasi Internet Download Manager (IDM) kemudian integrasikan IDM dengan aplikasi browser menggunakan IDM Integration Module pada Chrome, integrasikan IDM dengan aplikasi browser menggunakan extension IDM Integration pada Mozilla Firefox. Selain itu kita juga bisa dengan menginstall aplikasi pdf reader. dalam hal ini penulis menggunakan Foxit reader.

Demikian sekilas gambaran untuk mengatasi kegagalan dalam pencetakan dalam Simkah Online. Mengenai cara mengintegrasikan Module atau plugin IDM di browser akan dibahas pada artikel lain.

0 comments