3.513 Peserta Ikuti UTBK-SNBT 2024 Universitas Padjajaran di UIN Bandung

Bandung (Kemenag) --- Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2024 gelombang pertama untuk Universitas Padjajaran (Unpad). Total ada 3.513 peserta yang mengikuti UTBK-SNBT ini di Gedung Lecture Hall UIN Bandung.

UTBK-SNBT ini dari 30 April - 6 Mei 2024. Koordinator pelaksana UTBK-SNBT Unpad Inu Isnaeni Sidiq, mengatakan Unpad telah menyediakan total 22 ruangan dengan kapasitas 25 peserta untuk mengakomodasi tingginya jumlah peminat yang ingin melaksanakan ujian di Unpad.

Selain digelar di kampus Jatinangor, pelaksanaan UTBK-SNBT di Pusat UTBK Unpad juga digelar di 16 ruangan di kampus UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. “Persiapannya sudah dilaksanakan cukup lama, kita sudah melakukan persiapan dengan melakukan web survey, mengecek kelayakan komputer untuk memastikan sesuai dengan ketentuan dari pusat pengembangan,” ujarnya di Bandung, Minggu (5/5/2024).

Pada hari pertama, ditemukan beberapa pelanggaran kecil yang dilakukan peserta UTBK. Misalnya, pelanggaran tata tertib oleh peserta yang tidak menggunakan kemeja berkerah atau celana yang tidak sesuai dengan ketentuan. Ditemukan juga peserta yang tidak membawa kelengkapan dokumen yang diperlukan dalam bentuk cetak.

“Kita terus mengimbau peserta memperhatikan dokumen-dokumen wajib yang harus dibawa. Tata tertib yang ada pada kartu peserta itu diperhatikan kembali, termasuk berpakaian yang sopan, dan lain sebagainya,” sebutnya.

Peserta juga diminta hadir di lokasi paling lambat satu jam sebelum ujian dilaksanakan. Ini sebagai antisipasi hal yang tidak diinginkan, seperti tidak dapat mengikuti ujian karena keterlambatan. “Setelah aplikasi ujian sudah berjalan, peserta sudah tidak bisa masuk sama sekali. Sudah tidak bisa ikut ujian apapun alasannya,” tegasnya

​​​​​​​Pelaksanaan UTBK ini juga menjadi perhatian Rektor UIN Bandung Rosihon Anwar yang ikut meninjau pelaksanaannya. Ikut mendampingi para Wakil Rektor, Ketua PTIPD, Ketua PMB.

“UTBK di UIN Bandung di ikuti 3.513 peserta. Setiap harinya digelar 2 sesi, kecuali hari Jumat 1 sesi di 16 kelas. Pada hari terakhir, Senin 6 Mei 2024, diikuti 1 sesi sebanyak 4 kelas,” ujarnya.

“UTBK dilaksanakan mulai hari Selasa, 30 April 2024 sampai Senin, 6 Mei 2024 kecuali hari libur nasional, hari buruh internasional, 1 Mei 2024, Sedangkan hari Sabtu dan Minggu UTBK tetap dilaksanakan sesuai jadwal (2 sesi per hari),” tegasnya.

Ruangan yang dipakai sebanyak 16 ruangan Laboratorium Komputer PTIPD di Gedung Lecture Hall. “Alhamdulillah berjalan lancar dan baik sesuai yang kita harapkan. Saya atas nama pimpinan mengucapkan terima kasih kepada panitia pusat UTBK Unpad yang telah mempercayai kami untuk ikut serta dalam pelaksanaan UTBK 2024. Mudah-mudahan dapat mencetak generasi emas yang hebat dan diterima di kampus yang unggul, kompetitif, dan moderat,” tandasnya.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria