Hasil Penilaian Mandiri ZI WBK/WBBM 52 Satker Kemenag Diputuskan Hari Ini

Tim Penilai ZI WBK/WBBM Kemenag gelar sidang pleno calon satuan kerja WBK/WBBM di lingkungan Kemenag

Jakarta (Kemenag) --- Tim Penilai Internal Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Kementerian Agama Republik Indonesia hari ini menggelar sidang pleno terakhir. Sidang pleno membahas hasil akhir dari serangkaian kegiatan evaluasi dan penilaian yang dilaksanakan tim sejak Mei 2024.

Dalam sidang ini, Tim Penilai Internal ZI WBK/WBBM Kementerian Agama menyampaikan hasil evaluasi secara komprehensif terhadap capaian dari satuan kerja calon WBK/WBBM yang telah dinilai.

Mewakili Irjen Faisal, Sekretaris Itjen Kemenag Kastolan menyampaikan bahwa sidang pleno ini adalah bagian dari upaya transparansi dan akuntabilitas dalam implementasi ZI WBK/WBBM.

"Kami melakukan evaluasi secara menyeluruh untuk memastikan bahwa setiap satuan kerja di Kementerian Agama telah memenuhi standar yang ditetapkan dalam Zona Integritas," ujar Kastolan di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Sebelumnya Tim Penilai Internal ZI telah melakukan proses evaluasi sesuai dengan komponen pengungkit yang meliputi manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen aparatur, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Hasil dari berbagai proses evaluasi ini kemudian dijadikan bahan pertimbangan dalam menyusun rekomendasi perbaikan bagi setiap calon satuan kerja WBK/WBBM.” sambung Kastolan.

Kastolan menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi kerja keras dari satuan kerja yang telah berkomitmen untuk mewujudkan Zona Integritas WBK/WBBM.

“Ini menunjukkan bahwa semangat untuk menciptakan birokrasi yang bersih dan melayani adalah komitmen yang nyata di Kementerian Agama." pungkasnya.

Satuan kerja yang dinilai oleh TPI Kemenag sebanyak 52 satker. Daftar satuan kerja tersebut meliputi Kantor Wilayah Kemenag Provinsi, Kankemenag Kab/Kota, PTKIN, Madrasah, Balai Diklat, dan Lajnah.

Dalam sidang pleno hari ini, Koordinator Tim Penilai Internal ZI WBK/WBBM Tolkha Hidayat juga menyoroti pencapaian-pencapaian satuan kerja calon WBK/WBBM.

“Capaian ini menjadi inspirasi dan teladan bagi satuan kerja lain untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan tata kelola internal.” terang Tolkha, Auditor Ahli Muda pada Inspektorat Wilayah IV tersebut.

Dikatakan Tolkha, sebagai penutup, sidang pleno ini menghasilkan rekomendasi final yang akan menjadi dasar bagi langkah-langkah perbaikan yang akan dilakukan oleh masing-masing satuan kerja calon WBK/WBBM. Hasil Sidang pleno tersebut akan di sampaikan kepada Menteri Agama dan diteruskan ke Tim Penilai Nasional (TPN) yakni Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

“Dengan demikian, Zona Integritas WBK/WBBM Kementerian Agama terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sekaligus menjaga kepercayaan publik terhadap lembaga ini.” imbuhnya.

Sidang pleno terakhir ini juga dihadiri Inspektur Wilayah dan Inspektur Investigasi, termasuk Auditor dan pelaksana pada Itjen Kemenag. Kehadiran mereka sebagai pengawas dan pembina menunjukkan dukungan penuh terhadap upaya menciptakan Zona Integritas WBK/WBBM di seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria