Buka Pesparawi Kalteng, Wamenag: Wujud Cinta Agama, Negara, dan Persaudaraan

Pulang Pisau (Kemenag) --- Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki mengapresiasi penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-17 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. Menurutnya, ajang Pesparawi merupakan wujud cinta umat Kristen kepada agama, negara, serta persaudaraan.

Hal ini disampaikan Wamenag Saiful Rahmat Dasuki saat membuka ajang tersebut di Stadion Kabupaten Pulang Pisau. Turut hadir membuka Pesparawi ke-17 Provinsi Kalimantan Tengah, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo.

Wamenag mencatat bahwa Pesparawi di Kalimantan Tengah sudah memasuki penyelenggaraan yang ke-17, sementara di tingkat nasional baru diadakan sebanyak 13 kali. "Hal ini menunjukkan tingginya animo masyarakat Kalimantan Tengah terhadap Pesparawi serta kecintaan mereka terhadap agama dan daerahnya. Ini juga wujud cinta negara serta persaudaraan," ujar Wamenag, Sabtu (29/6/2024).

Menurutnya, ini sejalan dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2005, Pesparawi adalah bagian penting dalam pembinaan mental, spiritual, moral, dan etika umat Kristen. Selain itu, Pesparawi juga bertujuan untuk memupuk tali persaudaraan dan meningkatkan mutu paduan suara di tengah-tengah umat Kristen.

Ia berharap Pesparawi ini mampu menumbuhkan dan mengembangkan semangat toleransi dan saling menghargai. "Pesparawi ini adalah bagian terdepan dalam menjaga keberagaman agar tetap bersemayam dalam jiwa dan hati kita, karena pada hakekatnya kita menjaga karunia Tuhan Yang Maha Kuasa," imbuhnya.

Wamenag menambahkan bahwa kegiatan tahunan ini dapat menjaga relung hati untuk memaknai perbedaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus disyukuri. "Dengan menjaga perbedaan, kita menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucapnya.

Sementara, Gubernur Kalimantan Tengah dalam sambutan dibacakan Wakil Gubernur Edy Pratowo, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum berharga. Tidak hanya sebagai ajang kompetisi Paduan Suara Gerejawi, tetapi juga sebagai sarana mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan, khususnya umat Kristen di Kalimantan Tengah.

Gubernur juga menekankan pentingnya musik dan nyanyian gerejawi dalam kehidupan rohani umat Kristen. "Melalui lantunan pujian dan penyembahan, umat Kristen dapat merasakan kehadiran Tuhan yang membawa damai sejahtera dan kebahagiaan. Momentum Pesparawi ini kiranya menjadi perayaan iman yang menguatkan dan memperdalam iman melalui alunan nada dan harmoni musik gerejawi," kata Wagub.

Selain itu, Pesparawi ini juga merupakan wujud nyata dari semangat kebhinekaan dan toleransi. "Di tengah keberagaman budaya dan agama yang dimiliki Kalimantan Tengah, kita tetap mampu hidup berdampingan dengan penuh kedamaian dan saling menghormati, dengan selalu menjunjung tinggi Falsafah Huma Betang," tutur Wagub.

Ia mengajak seluruh peserta untuk menjadikan Pesparawi sebagai inspirasi dalam memperkuat rasa kebersamaan dan toleransi di antara semua umat beragama.

Mengakhiri sambutannya, Wagub Edy Pratowo menyampaikan ucapan selamat berkompetisi kepada seluruh peserta. (Humas Kanwil Kemenag Kalteng)

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria