7.961 Proposal Riset Siswa Madrasah Didaftarkan Ikut MYRES 2024 

Tangsel (Kemenag) --- Kementerian Agama kembali menggelar Madrasah Young Researches atau Myres. Pendaftaran dibuka sejak 27 Mei hingga 26 Juni 2024 dan terhimpun 7.962 proposal, baik jenjang Madrasah Aliyah (MA) maupun Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Direktur KSKK Madrasah Sidik Sisdiyanto menegaskan bahwa Myres merupakan ajang untuk melahirkan peneliti-peneliti muda yang dapat bersikap bertindak dan berfikir ilmiah namun tetap santun dan mengedepankan nili-nilai keislaman. Pada dasarnya banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dijadikan obyek penelitian.

“Saya berharap Myres mampu mengubah cara pandang masyarakat terhadap mutu madrasah sebagai satuan pendidikan yang mampu mencetak generasi penerus bangsa yang mampu berpikir ilmiah,” sebut Sidik Sisdiyanto saat memantau pelaksanaan KSM tingkat kabupaten/kota di Command Center KSM, Tangerang Selatan, Kamis (4/7/2024).

Sidik juga berharap pelaksanaan Myres berjalan lancar dan melahirkan peneliti muda yang dapat memberikan sumbangsih untuk bangsa.

Kasubdit Kesiswaan Imam Bukhori mengaku kagum terhadap animo para siswa yang mengajukan proposal penelitian. Hal itu menurutnya menujukkan siswa madrasah mampu menampakkan jatidirinya sebagai pribadi yang mampu berpikir ilmiah.

Dari 7.962 proposal penelitian yang masuk, setiap jenjang akan dipilih 360 proposal untuk masing masing kategori, yakni: Matematika Sains & Pengembangan Teknologi (120 proposal), Sosial dan Humaniora (120), dan Ilmu Keagamaan Islam (120).

“Untuk jenjang MA dan MTs keseluruhan ada 720 proposal yang lolos melaui tahap review, yang hasilnya akan diumumkan pada 3 Juli 2024,” lanjut Imam.

Sebanyak 720 proposal inilah yg berhak untuk mempresentasikan secara daring pada 6 Juli 2024 untuk jenjang MA dan 7 Juli 2024 untuk jenjang MTs. “Dipastikan pelaksanaan Myres ini fair. Semua tim juri sudah menandatangani pakta integritas berkomitmen untuk melaksanakan ajang Myres ini tanpa ada intervensi dari pihak manapun,” tegas Imam.

Kasubtim Kesiswaan MA/MAK, Mustofa Fahmi selaku Koordinator Tim Myres menambahkan, bahwa proposal yang dipresentasikan peserta dan akan dipilih 30 terbaik per jenjang dan per bidang. Hasilnya akan diumumkan pada 12 Juli 2024. Pada tahap selanjutnya, peserta terpilih akan melakukan proses penelitian; mulai dari pencarian data, pengolahan data, dan penulisan laporan.

“Tahap ini akan dimulai pada 12 Juli sampai 25 Agustus 2024. Tim juri akan menetapkan enam peserta terbaik per jenjang dan per bidang sebagai grand finalis. Pelaksanaan babak final akan dibarengkan dengan grand final Kompetisi Sains Madrasah di Ternate pada 3 sampai 8 September 2024,” sebutnya. (ysr)

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria