Wamen Imbau Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji

Makkah (Kemenag)--Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengimbau jemaah haji memperhatikan waktu beristirahat agar stamina terjaga. "Bapak Ibu semua fokus pada mempersiapkan diri menghadapi kegiatan puncak haji yaitu saat ibadah di Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Mina)," ucapnya saat memberikan arahan persiapan Armuzna di pemondokan 206 Makkah, Rabu (12/06/2024).

"Jaga kesehatan, jaga stamina, hemat energi, banyak istirahat saja. Tidak perlu memaksakan mengejar hal sunah jika kondisi tidak memungkinkan, yang lebih utama adalah yang wajib," ujarnya.

Selain itu, Wamen mengatakan kunjungan ini merupakan konsolidasi awal dalam upaya memastikan kesiapan semua menghadapi Armuzna, baik itu dari petugas maupun dari jemaahnya.

Ia juga mengingatkan jemaah dan petugas untuk siapkan membawa perlengkapan secukupnya yang dibutuhkan selama di Armuzna, seperti halnya botol minum, spray dan payung, untuk melindungi diri dan menjaga kondisi jemaah.

Pada kesempatan yang sama, jemaah asal Embarkasi Sola Amiruddin menyampaikan apresiasinya kepada semua petugas haji yang sudah bekerja dengan sangat baik. “ Saya sampaikan terima kasih kepada semua petugas yang sudah sangat membantu kami jemaah haji Indonesia, saya saksikan sendiri bagaimana mereka semua bekerja, jadi andaikan ada sepuluh tugas yang mereka kerjakan, terdapat satu dua kesalahan adalah hal yang wajar dan manusiawi,” ucapnya.

“Saya perhatikan juga, petugas itu mungkin satu harinya tidur dan beristirahat cuma 3 hingga 4 jam saja, karena haru melayani jemaah, dan saya takjub melihat semuanya sigap,” tutupnya.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria