Ujicoba KSM 2024, dari Banjir Hingga Kerjakan Soal di Pantai

Jakarta (Kemenag) --- Kompetisi Sains Madrasah atau KSM tahun ini akan berlangsung di Ternate, Maluku Utara. Even tahunan ini digelar secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Untuk tingkat kabupaten/kota, KSM akan berlangsung pada 1-3 Juli 2024. Sebagai persiapan, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah menggelar uji coba (tryout) pada 28 Juni 2024.

“Ujicoba ini sangat penting untuk memastikan kesiapan sistem dan kekuatan server dalam pelaksanaan KSM nanti. Kami ingin memastikan bahwa pada hari H pelaksanaan tidak terdapat kendala teknis tersebut,” ujar Direktur KSKK Madrasah, Sidik Sisdiyanto, di Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi.

Kasubdit Kesiswaan Madrasah yang merupakan leading sector pelasanaan KSM, Imam Bukhori, menjelaskan bahwa ujicoba pada hari pertama tersebar di 1.388 titik lokasi KSM.

“Pelaksanaan ujicoba diikuti oleh 26.552 dari keseluruhan 34.636 peserta yang terdaftar. Artinya, tingkat partisipasi dalam ujicoba ini mencapai 76.7%,” jelas Imam disela pendampingan tim IT KSKK Madrasah yang mengawal pelaksanaan ujicoba ini.

Berdasarkan pemantauan dari tim Subdit Kesiswaan, pelaksanaan ujicoba pada hari pertama berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Bahkan terdapat sebuah kondisi di mana lokasi KSM ini tergenang banjir, tepatnya di kabupaten Biruen provinsi Aceh, karena sehari sebelumnya dilanda hujan deras.

Sementara itu di Kabupaten Maluku Tengah, para peserta terpaksa melaksanakan ujicoba di pantai karena kendala pada keterbatasan jaringan internet. Imam mengapresiasi semangat dan kegigihan para peserta dalam pelaksanaan KSM 2024.

“Hal itu tentu tak lepas dari para guru yang membimbing, memotivasi dan mendampingi siswa-siswinya dalam segala proses untuk menyukseskan pelaksanaan kompetisi ini,” pungkas Imam.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria