Salat di Masjid Nabawi, Mbah Ratmi: Seneng Sekali

Madinah (Kemenag) --- Namanya Ratmi Rabis. Nenek 95 tahun ini sedang duduk di atas kursi roda saat ditemui tim Media Center Haji (MCH) di Masjid Nabawi. Badannya sudah sangat membungkuk, karena usianya yang sangat renta.

“Ibu itu kesehariannya sudah tidak banyak beraktivitas. Dia juga tidak banyak bicara, paling hanya salat dan zikiran,” ungkap Umi, menantunya kepada Tim Media Center (MCH) usai salat Magrib di Masjid Nabawi, Kamis (30/5/2024).

Menurutnya, Ibu sangat senang sampai di Madinah. Jika masuk waktu, ia akan langsung salat. Ia sangat senang kalau diajak salat di Masjid Nabawi. Bahkan, ia akan marah jika tidak diajak.

“Mbah, gimana perasaannya bisa salat di Masjid Nabawi?” tim MCH membisikkan pertanyaan lirih dalam Bahasa Jawa.

“Seneng sekali,” kata Nenek asal Lamongan ini.

Mbah Ratmi berhaji bersama anak dan menantunya. Umi mengaku sangat bahagia karena bisa membawa mertuanya berhaji bersama. Umi dan suaminya sebenarnya mendaftar lebih dulu. Sementara mertuanya didaftarkan haji lima tahun lalu.

“Alhamdulillah, masih diberi kesehatan dan umur panjang, untuk berhaji,” tandasnya.

Jelang azan Isya, tim MCH bergeser kembali ke barisan (saf) salatnya, meninggalkan nenek Ratmi di atas kursi rodanya yang terus ditemani Umi. Tampak, Mbah Ratmi terus memilin tasbih panjangnya sambil mulutnya berzikir. Di usianya yang sudah renta, semangat ibadah Mbah Ratmi tidak surut oleh waktu.

Semoga Allah limpahkan keberkahan buat mbah Ratmi sepanjang hayat. Aamiin.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria