Petugas Kloter Edukasi Jemaah tentang Skema Murur

Makkah (Kemenag) --- Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akan menerapkan mabit di Muzdalifah dengan skema murur pada penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Skema murur diterapkan untuk jemaah risiko tinggi, lansia, dan disabilitas sebagai ikhtiar menjaga keselamatan jiwa atas potensi kepadatan di tengah terbatasnya area Muzdalifah.

“Saat ini kami sedang melakukan pendataan untuk jemaah di kloter (kelompok terbang), siapa saja yang akan mengikuti proses murur, termasuk juga siapa saja jemaah yang akan diikutkan dalam safari wukuf,” ucap Ketua Kelompok Terbang (Kloter) 3 Embarkasi Palembang (PLM-03), Saefudin Latif saat ditemui di Sektor 6 Makkah tempat penginapan Jemaah asal Palembang, Kamis (6/6/2024).

Menurutnya, pihaknya sudah melakukan pendataan murur berdasarkan empat kriteria jemaah, yakni mengalami risiko tinggi (risti) secara medis, lansia (lanjut usia), disabilitas dan para pendamping jemaah (risti, lansia,disabilitas). "Untuk PLM-03, ada 45 jemaah yang masuk kriteria murur ditambah dengan pendampingnya, dan ditambahkan juga tenaga medis untuk mendampingi jemaah yang tanpa pendamping, sekaligus juga memantau kesehatan jemaah murur lainnya, total ada 90 jemaah," ungkap Saefudin.

Ia menambahkan bahwa sejak beberapa waktu lalu sudah mulai dilakukan edukasi secara terus menerus, memberikan pemahaman kepada jemaah di kloternya terkait adanya skema murur yang dilakukan demi kebaikan dan menjaga keselamatan jemaah Indonesia. Andaikan ada jemaah yang perlu pemahaman lebih mengenai murur ini, kita pun selalu siap memberikan edukasi.

Sementara, salah satu jemaah PLM-03 yang biasa dipanggil nenek Rukiyah, karena kondisinya beraktivitas di atas kursi roda sehingga masuk kriteria murur mengaku sangat senang dengan adanya kebijakan murur ini. Sebab ia merasa akan sangat terbantu.

“Alhamdulillah, kita sudah mendengarkan dari pak ketua kloter untuk murur. Saya ikut saja kebijakan yang ditetapkan. Saya yakin itu sudah dipikirkan dan merupakan yang terbaik untuk kami, apalagi untuk saya sendiri dengan kondisi saya di atas kursi roda dan tanpa pendamping,” ujar Rukiyah.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria