Minta PTKIN Tidak Copas Program, Kemenag: Pimpinan Harus Buat Blue Print Kebijakan

UIN Alauddin (Kemenag) --- Direktur Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kemenag, Ahmad Zainul Hamdi menekankan pentingnya inovasi dan kejelasan dalam perencanaan kebijakan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Eks Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Surabaya ini menyoroti kebiasaan yang kurang produktif di mana perencanaan sering kali hanya copy paste program sebelumnya.

"Tolong jangan lagi melakukan perencanaan yang itu copy paste, jangan! Jangan! Saya tahu bahwa kawan-kawan Kabiro itu biasa dan perencanaan ambil alih yang semestinya tidak seperti itu," tegasnya saat menjadi narasumber pada Rembuk Nasional Forum Perencana PTKIN di Hotel Aryaduta, Kota Makassar, Rabu (26/6/2024).

Menurutnya, pimpinan memiliki tanggung jawab besar dalam menentukan kebijakan untuk satu tahun ke depan. Kebijakan itu kemudian diperinci menjadi program dan aktivitas oleh para Wakil Rektor, Dekan, hingga ke unit-unit lain.

"Jadi Pimpinan ini membuat blue print kebijakan apa yang dilakukan ke depannya. Karena Kabiro tidak memiliki arah kebijakan, karena Kabiro dan seluruh tendiknya adalah supporting sistem yang diputuskan Pimpinan," jelasnya.

Jika hal itu masih terjadi, copy paste program dari tahun ke tahun, dirinya memastikan PTKIN akan mandek. "Kalau tidak PTKIN kita mandek tidak ada progres apapun, sehingga saya tegaskan lagi pimpinan harus membuat kebijakan, arah kedepan seperti apa setidaknya ada renstra menjadi acuan," paparnya.

Ia menuturkan, visi misi dari Rektor terpilih tidak boleh melenceng dari renstra sekalipun memiliki distingsi nya dalam setiap masa periode.

"Rektor terpilih harus menargetkan di akhir periodenya, dia itu akan menghasilkan apa yang itu dibreak down menjadi kerja tahunan sehingga diakhir tahun milestonenya apa, dan ini dibreak down menjadi rencana program. Rencana program itulah kemudain dikawal secara teknis pembiyayaan pelakaksanaan teknisnya oleh Kabiro dan Tendiknya," pungkas Prof Inung.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria