Kloter 100 Tutup Operasional Pemberangkatan Jemaah Haji Embarkasi Solo

Kakanwil Kemenag Jateng Mustain Ahmad menyapa jemaah Kloter 100 SOC di Asrama Haji Embarkasi Solo

Boyolali (Kemenag) --- Kelompok Terbang (Kloter) Embarkasi 100 (SOC -100) menutup seluruh rangkaian operasional pemberangkatan jemaah haji dari Embarkasi Solo menuju ke Tanah Suci.

Kloter 100 berjumlah 354 jemaah yang berasal dari 17 kabupaten/kota se Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Jumlah jemaah terbanyak dalam kloter ini berasal dari Kabupaten Wonogiri yakni 260 jemaah.

Mereka mulai bertolak dari Asrama Haji Donohudan, Boyolali pada Senin (10/6/2024) dini hari sekitar pukul 00.35 WIB. Prosesi pelepasan berlangsung di Gedung Muzdalifah diawali dengan doa bersama dan lantunan Talbiyah.

Rasa haru dan bahagia tampak di wajah para jemaah kala keluar dari Gedung Muzdalifah menuju bus yang akan membawa mereka ke Bandara Adi Soemarmo Solo. Sebelum naik ke bus, para petugas tampak silih berganti memastikan kelengkapan identitas jemaah seperti gelang dan paspor.

Begitu juga jemaah lansia dan risti yang duduk di kursi roda mendapat prioritas layanan dari para petugas yang melayani dengan ramah dan sepenuh hati. ​​​​​​​Setelah melewati Makkah Route, sekitar pukul 02.50 WIB para jemaah diterbangkan ke tanah suci mengunakan maskapai Garuda Indonesia dari Bandara Adi Sumarmo Solo

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Mustain Ahmad mengatakan hingga hari terakhir, jemaah haji yang sudah diterbangkan menuju tanah suci sebanyak 100 kloter, 35.982 jemaah, dengan rincian Jateng sebanyak 32.080 jemaah, DIY 3.402 jemaah dan petugas 500 orang.

Mustain Ahmad pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap para petugas dari lintas sektoral yang telah sukses menyelenggarakan prosesi kedatangan hingga keberangkatan jemaah dari Asrama Haji Embarkasi Solo.

"Terima kasih kepada segenap komponen PPIH Embarkasi Solo yang sudah berhasil memberangkatkan 100 persen kuota atau sekitar 35.982 jemaah," kata Mustain Ahmad.

"Ini tentu karunia Allah dan kerja keras kita semua serta kekompakan yang dijalin segenap PPIH Embarkasi Solo. Sekali lagi terima kasih dan apresiasi kepada PPIH dari Kementerian Agama dan mitra kerja laimmya," sambung Mustain.

Tampak hadir saat pelepasan Kakanwil Kemenag DIY Masmin Afif, Kabid Haji Kanwil Jateng, Ketua PPIH Embarkasi Solo dan perwakilan mitra kerja Kementerian Agama.

Ia menambahkan berdasarkan informasi dari PPIH Arab Saudi kondisi jemaah asal Jawa Tengah dalam keadaan sehat terutama jelang berlangsungnya puncak haji 1445H.

"Kami juga mendapat informasi dari jemaah di Tanah Suci jika mereka mendapat pelayanan yang baik dari petugas dan tentunya kita berharap pelayanan terbaik ini akan didapat jemaah hingga pelaksanaan puncak ibadah haji berakhir," tandas Mustain Ahmad.

"Haji Indonesia Ramah Lansia. Haji Indonesia Riang Gembira," tutupnya.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria