Kemenag Gelar Pemilihan Arsiparis Teladan Tahun 2024

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama menggelar Pemilihan Arsiparis Teladan Kemenag Tahun 2024. Kepala Biro Umum Kemenag Fesal Musaad berharap kegiatan ini dapat memotivasi dan mengapresiasi arsiparis yang berprestasi untuk kemajuan Kementerian Agama.

"Pemilihan Arsiparis Teladan diharapkan dapat memotivasi dan mengapresiasi arsiparis yang berprestasi untuk kemajuan Kementerian Agama," ujar Fesal di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Fesal juga berharap kegiatan ini dapat menghasilkan arsiparis yang berkualitas, serta menjadi wadah pembinaan dan pengembangan jabatan fungsional arsiparis secara sistematis, integratif, dan responsif.

"Untuk mendukung penyelenggaraan kearsipan yang baik, dibutuhkan SDM (Sumber Daya Manusia) arsiparis yang berkualitas dan memadai sesuai kebutuhan. Proses seleksi Arsiparis Teladan harus dilakukan secara objektif dan terstruktur," pesan Fesal.

Ia menekankan pentingnya pengembangan kompetensi arsiparis melalui pelatihan, sharing knowledge, soft course, dan koordinasi. "Indikator Smart ASN (Aparatus Sipil Negara) yang harus dimiliki arsiparis, yaitu integritas, nasionalisme, profesionalisme, penguasaan IT (Information Technology), bahasa asing, hospitalitas, networking, dan entrepreneurship," tandasnya

Ketua Panitia Ahmad Maulana menyebut tema Pemilihan Arsiparis Teladan Kemenag Tahun 2024 ini adalah "The Best Archivist for the Good of Organization in the Future".

"Kegiatan ini diikuti oleh 35 orang fungsional arsiparis, yang terdiri dari 31 orang kategori keahlian dan 4 orang keterampilan. Rangkaian kegiatan meliputi pendaftaran, seleksi berkas administrasi, seleksi tertulis, seleksi wawancara, serta presentasi," jelas Maulana.

Lebih lanjut, Maulana mengatakan, rangkaian kegiatan Pemilihan Arsiparis Teladan Kementerian Agama tahun 2024 rencananya akan diakhiri dengan penyerahan penghargaan oleh Menteri Agama pada tanggal 16 Agustus 2024.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria