Itjen Kemenag Lakukan Pengawasan Ruislag Wakaf di Banten

Serang (Kemenag) --- Salah satu program Kementerian Agama dalam mengoptimalkan dana umat untuk pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat yakni pengembangan zakat dan wakaf.

Hal tersebut diungkapkan Auditor Ahli Muda Itjen Kemenag, Endang Rizkiyah saat melakukan pengawasan ruislag wakaf di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, Jumat (21/6/2024).

“Inspektorat Jenderal sebagai mitra Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam hadir untuk mengawal dan memastikan pelaksanaan ruislag wakaf sesuai dengan regulasi, standar, rencana, atau norma yang telah ditetapkan.” kata Endang.

Endang menjelaskan bahwa pengawasan wakaf dilakukan untuk mendeteksi dan mencegah adanya praktik ruislag yang dapat merugikan kepentingan umat dan mengurangi manfaat yang seharusnya didapat dari dana wakaf.

“Wakaf mewujudkan potensi dan manfaat harta benda wakaf untuk kepentingan ibadah dan memajukan kesejahteraan umum.” sambungnya.

Menurut Endang, dalam hal harta benda wakaf yang digunakan untuk kepentingan umum sesuai dengan rencana umum tata ruang, dapat dilakukan penukaran. Inilah yang melatarbelakangi terbitnya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 1009 Tahun 2023 tentang Pedoman Perubahan Status Harta Benda Wakaf.

Dikatakan Endang bahwa pengawasan ruislag wakaf merupakan langkah penting dalam upaya menjaga keabsahan dan tujuan asli dari dana wakaf.

"Ke depannya, diharapkan langkah ini akan terus ditingkatkan untuk menjaga integritas dan efisiensi dalam pengelolaan wakaf sebagai bagian dari pembangunan nasional yang berkelanjutan." tutupnya.

Tim Itjen diterima langsung oleh Pak Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Nanang Fathurochman didampingi oleh Kabid Penais Zakat dan Wakaf.

“Kedatangan tim dari Itjen ini penting dalam membantu pengelolaan wakaf di tempat kami, khususnya ruislag status harta benda wakaf.” ucap Nanang.

“Evaluasi ruislag wakaf ini digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan kebijakan oleh Kanwil Banten dan Ditjen Bimas Islam.” tandasnya. (Ahmad Nida)

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria