UIN Sunan Gunung Djati Bandung Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT

Bandung (Kemenag) --- UIN Sunan Gunung Djati Bandung mendapatkan status Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Raihan ini tertuang dalam keputusan No. SK:1138/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/V/2024.

“Capaian ini menandai pengakuan terhadap kualitas pendidikan tinggi yang diselenggarakan,” tegas Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Rosihon Anwar, di Bandung, Kamis (30/5/2024).

Rosihon Anwar menyatakan bahwa akreditasi unggul adalah bukti nyata dari komitmen UIN Bandung untuk terus memberikan layanan pendidikan terbaik kepada mahasiswa dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Dengan memperoleh Akreditasi Unggul, UIN Bandung kini memiliki standar yang setara dengan universitas-universitas terkemuka di Indonesia. Tentunya ini memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan alumni,” ujar Rosihon.

Status Akreditasi Unggul juga membuka peluang bagi UIN Bandung untuk menjalin kerjasama lebih luas. "Kami berencana memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai universitas, baik di dalam maupun luar negeri," tambahnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dadan Rusmana, menyatakan bahwa dalam mencapai standar unggul ini, UIN Bandung telah melakukan berbagai peningkatan fasilitas dan inovasi dalam proses pembelajaran. “Kampus UIN Bandung lengkap dengan laboratorium modern, perpustakaan digital, dan pusat penelitian yang mendorong inovasi serta kolaborasi antara dosen dan mahasiswa,” ujar Dadan.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Administrasi, Keuangan, dan Umum, Tedi Priatna, menyatakan bahwa UIN Bandung berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan fasilitasnya sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pendidikan di masa depan. “Pengembangan ini mencerminkan tekad UIN Bandung untuk menjadi institusi pendidikan tinggi yang adaptif dan responsif terhadap perubahan zaman,” tuturnya.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Ija Suntana, menyatakan bahwa akreditasi Unggul yang diraih tidak hanya mencerminkan standar tinggi yang telah capai, tetapi juga menegaskan komitmen UIN Bandung terhadap proses penjaminan mutu yang berkelanjutan.

Menurutnya, proses akreditasi ini melibatkan evaluasi menyeluruh terhadap berbagai aspek, seperti kualitas kurikulum, kompetensi dosen, fasilitas pembelajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

“Kami yakin bahwa UIN Bandung akan terus menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dan berdaya saing global. Status Akreditasi Unggul ini adalah landasan kuat untuk mencapai lebih banyak prestasi di masa depan,” pungkasnya.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria