Kemenag Maksimalkan Peran Zakat dan Wakaf Dukung Pertumbuhan Ekonomi hingga Pengentasan Kemiskinan 

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama menggelar Workshop Tata Kelola Zakat dan Wakaf di Kepulauan Riau untuk memperkuat peran zakat dan wakaf dalam upaya pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan. Workshop yang berlangsung tiga hari, 29-31 Mei 2024 di Batam, Kepulauan Riau, dibuka oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Waryono Abdul Ghafur.

Waryono mengatakan, zakat, infak, wakaf, sedekah, serta dana sosial keagamaan lainnya memiliki potensi besar dalam mendukung kehidupan sosial-keagamaan, pengentasan kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi. Workshop ini, bertujuan memperkuat kebijakan tata kelola zakat dan wakaf dengan fokus pada perizinan kelembagaan, pembinaan, pengawasan, pelaporan, pendayagunaan, serta penguatan pendaftaran dan pengumuman harta benda wakaf.

"Juga mencakup upaya optimalisasi pengumpulan zakat mal non-profesi, penerimaan wakaf uang, dan kolaborasi program pendayagunaan zakat serta pengembangan harta benda wakaf," imbuhnya.

Acara ini dihadiri 40 peserta perwakilan Kanwil Kementerian Agama, lembaga penyelenggara zakat dan wakaf di tingkat kabupaten/kota, serta berbagai lembaga terkait lainnya. Diharapkan, para peserta dapat memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai pentingnya peran zakat dan wakaf dalam mengatasi kemiskinan serta memajukan ekonomi.

"Workshop ini menjadi wadah bagi para peserta untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam mengelola zakat dan wakaf secara efektif dan efisien. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta sinergi yang kuat antarlembaga dalam pemanfaatan dana zakat dan wakaf guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Waryono.

Workshop ini juga diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan pengelolaan zakat dan wakaf di wilayah Kepulauan Riau, serta memberi dampak positif yang signifikan bagi masyarakat dalam pengentasan kemiskinan dan mendukung pertumbuhan ekonomi. (And/Mr)

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria