Ekspos Program GTK Madrasah, Sekjen Garisbawahi Pentingnya Kompetensi hingga Kesejahteraan

Tangerang (Kemenag) --- Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah menggelar Eskpos Program 2024. Sekjen Kemenag M Ali Ramdhani menggarisbawahi pentingnya memperhatikan empat K terkait guru madrasah, yaitu: kualifikasi, kompetensi, karier, dan kesejahteraan.

"Ada empat K yang perlu jadi penekanan dalam pembinaan guru dan tendik madrasah, yaitu kualifikasi, kompetensi, karier, dan kesejahteraan,” pesan pria yang akrab disapa Kang Dhani di Tangerang, Rabu (29/5/2024).

Kualifikasi guru, kata Kang Dhani, sangat penting. Sebab, peran guru sangat sentral dalam proses pembelajaran. “Kompetensi juga sama. Mungkin guru sudah sarjana memiliki kualifikasi, tetapi berkompeten apa tidak. Tugas kita adalah meningkatkan kompetensi mereka,” sebutnya.

Pengembangan karier guru juga penting untuk menjadi perhatian. Kang Dhani minta jangan sampai guru stagnan karena tidak memiliki masa depan.

Hal penting lainnya dan ini mendominasi persoalan guru, yaitu kesejahteraan. "Kesejahteraan guru adalah mandatori undang-undang yang tetap kita perhatikan. Meskipun pemerintah memiliki keterbatasan, kita berusaha untuk tetap memperjuangkan," tagasnya.

Ekspos Program GTK Madrasah diikuti para Kepala Bidang Pendidikan Madrasah se-Indonesia. Kepada mereka, Kang Dhani berpesan bahwa guru merupakan orang-orang mulia karena mereka melayani anak-anak didik menjadi pintar dan bijaksana untuk menghadapi masa depan. Karenanya, semua pihak harus dapat memuliakan para guru madrasah.

Kang Dhani mengapresiasi atas kebijakan yang telah diambil sehingga sejumlah persoalan krusial guru dapat diselesaikan. Walaupuan, masih ada persoalan baru yang juga harus segera direspons.

"Kita sadar bahwa beberapa persoalan guru memang telah kita coba urai, seperti pelaksanaan PPG dan penyiapan TPG, lalu inpassing, dan seterusnya. Namun kemudian muncul lagi soal isu PPPK, dan seterusnya. Situasi itu harus tetap kita bawa dengan senyum dan semangat untuk melayani guru dengan sikap terbaik," tutupnya.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria