330 Penari Pendet dan Pertunjukan Debus Ramaikan Dies Natalis ke-4 UHN IGB Sugriwa

Penampilan tari pendet massal pada perayaan Dies Natalis ke-4 UHN IGB Sugriwa (foto : Humas UHN)

Bangli (Kemenag) --- Kampus Universitas Hindu Negeri (UHN) IGB Sugriwa di Bangli pada Sabtu (25/5/2024) padi tampak lebih ramai dari biasanya. Banyak para civittas acedemica, mahasiswam dan pengunjung hadir untuk mengikuti rangkaian kegiatan perayaan Dies Natalis ke-4 UHN IGB Sugriwa.

Perayaan Dies Natalis ke-4 UHN IGB Sugriwa berjalan lancar. Suasana yang sejuk mendukung prosesi acara dari awal hingga akhir. Suasana semakin riuh ketika peserta dan tamu undangan disuguhi pertunjukan tari pendet dan atraksi Debus.

“Kampus UHN IGB Sugriwa terus berkembang ke arah yang lebih baik. Ini semua berkat dukungan dari berbagai pihak, pemerintah pusat, Provinsi dan pemerintah daerah, serta masyarkat. Terimakasih,” kata Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana, di Bangli, Sabtu (25/5/2024).

“Pada kesempatan ini, Kampus UHN mendapat bantuan dari Pemda Bangli, hibah tanah sekita 6 hektar. Bantuan ini sangat berarti bagi perkembangan UHN menuju World Class University. Dan hari ini juga kita lakukan peletakan batu pertama Pembangunan Giri Prasta UHN IGB Sugriwa,” sambung I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana merasa sangat senang atas kerja sama baik dari semua pihak yang telah mendukung pembangunan kampus UHN ke arah yang lebih baik. Dies Natali ke-4 UHN IGB Sugriwa hari ini, selain memberikan Sugriwa Award kepada tokoh-tokoh Hindu, juga ada pertujukkan 338 penari Pendet dan atraksi Debus. Ini menjadi bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UHN IGB Sugriwa.

Ida Bagus Denayu Ariti sebagai salah satu penari Pendet mengaku senang bisa tampil dan ambil bagian dari perayaan Dies Natalis ke-4 UHN IGB Sugriwa. Tampil menari di depan civitas academica dan para undangan menjadi pengalaman tersendiri baginya.

“Senang banget bisa tampil menari pendet. Sebagai mahasiswa, sangat merasa bangga bisa kuliah di Kampus UHN IGB Sugriwa. Kampus UHN sekarang sangat banyak perubahan, tentunya semakin baik dari tahun ke tahun,” kata Denayu Ariti.

Pemain Debus, Ageng Abipraya (nama panggung) juga mengaku bangga dan haru karena timnya bisa menampilkan atraksi pada perayaan Dies Natalis ke-4 UHN IGB Sugriwa. Seluruh penampilan Debus yang dipertunjukkan merupakan hasil pelatihan dari professional. Untuk itu, jangan pernah meniru adegan-adegan berbahaya yang ditampilkan.

“Kami berpesan, semua atraksi yang ditampilkan tadi, jangan ditiru, karena itu sangat berbahaya,” pesan Ageng Abipraya.

Widyawan Sigitmanto
Widyawan Sigitmanto Admin Simkah Web Id sejak dibuat sampai sekarang ;)
Sawer Admin via : Saweria